Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau seluruh pihak mendukung kelancaran pelaksanaan ujian nasional sehingga seluruh peserta mendapat hasil terbaik di ujian akhir sekolah itu.

"Imbauan kami, seluruh pihak baik guru, pengawas ujian, dan aparat keamanan menjalankan tugasnya sehingga ujian berjalan lancar," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kalsel, Amka di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, jumlah peserta ujian nasional seluruh Kalsel mencapai 48 ribu siswa terdiri dari siswa sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, madrasyah aliyah dan peserta ujian paket C.

Menurut dia, dukungan seluruh pihak termasuk orang tua dibutuhkan karena menjadi penambah semangat bagi setiap peserta ujian sehingga bisa mengikuti ujian akhir sekolah yang dilaksanakan 14-16 April 2014.

"Seluruh siswa peserta UN tentu sudah berusaha maksimal menyiapkan diri mengikuti ujian, namun tetap dibutuhkan dukungan moral dari orang tua dan keluarga sehingga mereka bisa menjalani ujian," ungkapnya.

Dikatakan, Dinas Pendidikan Kalsel sebagai penyelenggara ujian nasional siap melaksanakan program nasional apalagi seluruh naskah soal sudah di distribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di provinsi setempat.

Disebutkan, naskah soal UN sudah diterima dari percetakan awal Maret dan langsung di distribusikan kepada dinas pendidikan kabupaten dan kota sebagai penyelenggara di daerah dan disimpan di markas kepolisian.

"Naskah soal ujian merupakan dokumen rahasia negara sehingga disimpan di markas kepolisian untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan agar pelaksanaan ujian bisa berjalan tertib dan lancar," ujarnya.

Ditambahkan, naskah soal UN yang disimpan di markas polisi sudah dipilah panitia daerah baik di kabupaten/kota dan hasilnya terdapat beberapa kesalahan naskah tetapi semua sudah diselesaikan.

"Ada naskah soal yang salah antara mata pelajaran dengan bidang studi, tetapi kesalahan itu sudah diganti sehingga pelaksanaan ujian nasional tinggal menunggu besok dan dua hari ke depan," katanya.***3***







(T.KR-YRZ/B/M009/M009) 13-04-2014 19:51:37

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014