Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dr Siti Zainab di Kandangan, Selasa, menyampaikan dari rapid test massal terhadap 297 pedagang di Pasar Kandangan, hasilnya tiga orang reaktif.

Ia mengatakan, tes massal dilakukan dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kabupaten HSS, terutama yang bisa terjadi di pasar.
Baca juga: Kasus positif COVID-19 HSS bertambah menjadi enam, PDP tiga orang
Baca juga: Satpol PP HSS razia warga tak pakai masker
Baca juga: Rapid test massal 297 pedagang di pasar Kandangan, tiga orang reaktif
"Total orang yang di rapid test pada Selasa (19/5) sejak pagi pukul 09.00 Wita sebanyak 297 orang, 294 orang non reaktif dan tiga reaktif," katanya, dalam keterangan resmi Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten HSS.

Dijelaskan dia, titik lokasi pengambilan rapid test di Pasar Kandangan, antara lain di Blok B, ‎Blok C, Kali Mati, Amandit Taman, Amandit Tengah, Amandit Depan, dan Lantai II.

Menurut dia, untuk mereka yang reaktif maka harus melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, karena mereka menolak untuk dikarantina di bangunan eks RSUD Kandangan, dan apabila menolak karantina dan masih beraktifitas di luar seperti biasa maka akan dilakukan penjemputan.

Nantinya, untuk mereka yang reaktif dan menjalani karantina akan dilakukan tindakan medis selanjutnya berupa tes swab.

Sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga telah melakukan tes massal di Pasar Negara Daha Selatan dengan hasil semuanya non-reaktif.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020