DPD Partai Nasdem Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) membagikan paket sembako secara "door to door" atau dari pintu ke pintu di daerah terpencil, di dua desa di daerah Batang Alai, yakni Desa Pihanin Raya, Kecamatan Daha Selatan dan Desa Murung Raya, Kecamatan Daha Utara.

Anggota DPRD HSS dari Fraksi Partai Nasdem, Husnan, di Murung Raya, Senin (18/5), mengatakan pihaknya dari DPD Partai Nasdem HSS kembali melaksanakan "Peduli Nasdem" dengan berbagi sembako kepada masyarakat, dan dalam kesempatan ini membagikan sembako Daerah Pemilihan (Dapil) III wilayah Daha.

"Pembagian sembako di dua desa ini menjadi kali ketiga yang dilaksanakan, setelah sebelumnya kemarin juga dilakukan kegiatan serupa di Dapil I dan Dapil II," katanya, usai melaksanakan pembagian sembako.

Dijelaskan dia, untuk Dapil III ini mengambil titik di penghujung kampung, di daerah Batang Alai, tepatnya di desa Pihanin Raya dan Murung Raya, dan selaku koordinator dari perwakilan Dapil III mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPD Partai Nasdem, jajaran pengurus serta anggota DPRD HSS dari fraksi Nasdem.

Video - Partai Nasdem HSS bagikan paket sembako "door to door" di daerah terpencil

 

Baca juga: DPD Nasdem HSS bagikan ribuan masker gratis untuk warga

Ketua DPD, para pengurus, anggota DPRD HSS dari fraksi Nasdem telah turun tangan secara langsung untuk ikut membagikan paket sembako untuk warga, dan ini bentuk kepedulian dan perhatian yang sangat berarti untuk warga di dua desa yang terpencil ini.

Ketua DPD Partai Nasdem HSS Zainal Abidin, mengatakan sengaja datang untuk berkunjung dari pintu ke pintu sekaligus untuk melihat keadaan masyarakat secara langsung, dan bersyukur kedatangan bersama rombongan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat.

"Ini merupakan bentuk upaya dan kepedulian kita dalam kebersamaan untuk membantu warga, apalagi disaat-saat terjadinya Pandemi COVID-19 yang sangat berdampak terhadap kehidupan warga," katanya.

Menurut dia, kunjungan ini juga sebagai wujud rasa terima kasih untuk warga Daha dari DPD Partai Nasdem HSS, karena diketahui wilayah Daha telah memberikan kontribusi besar untuk pemenangan suara untuk Partai Nasdem HSS dalam Pemilihan Umum (Pemilu) lalu .

Dan tak lupa, ia pun menyampaikan penghargaan dan terima kasih untuk para anggota DPRD HSS wakil wilayah Daha di Fraksi Nasdem yang selama ini terus peduli dan aktif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan untuk kemajuan daerah, khususnya di Dapil yang diwakili.

Rombongan DPD Partai Nasdem menggunakan dua buah kelotok dari Negara menuju Desa Pihanin Raya dan Muning Raya, menempuh perjalanan melalui sungai Negara dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit.
 
Anggota DPRD HSS dari Fraksi Partai Nasdem, Husnan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Cegah Corona, Anggota DPRD HSS Nasdem bagikan ribuan masker gratis

Walau dalam cuaca yang cukup panas dan masing-masing sedang menjalankan ibadah puasa Bulan Ramadhan tidak mengendurkan semangat mereka untuk dapat berbagi.

Desa Pihanin Raya dan Desa Murung Raya merupakan dua desa yang bertetangga namun berbeda kecamatan, tempat tinggal warga desa masing-masing terpisahkan sungai besar negara, memiliki sebuah jembatan sebagai penghubung antar desa, terdapat satu mesjid di Pihanin Raya dan satu langgar di Murung Raya.

Dua Desa ini menjadi memiliki keunikan sendiri karena warganya tinggal di rumah-rumah yang bangun tinggi di atas rawa atau air disamping adanya masih rumah lanting yang ditempati beberapa keluarga.

Sehingga untuk mencapai dua desa tersebut hanya alat transfortasi air yang bisa menjangkau, dan tidak akan ditemui kendaraan roda dua bahkan empat, karena memang tidak bisa dipergunakan karena air yang dalam, dan berbeda dengan desa lainnya yang memiliki jalan darat.

Warga masing-masing desa mengandalkan kemampuan mereka sebagai nelayan pencari ikan dengan alat transfortasi air selain tatkala air mengering karena kemarau bisa dimanfaatkan untuk pertanian, dan sudah menjadi pemandangan umum di setiap rumah membudidayakan ikan.
 
Ketua DPD Partai Nasdem HSS Zainal Abidin serahkan paket sembako (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Anggota DPRD HSS Husnan : Posko tanggap darurat Corona desa perlu dimonitor dan dibina

Terdapat banyak tempat jemuran ikan sehingga selain penghasil ikan tawar basah, daerah ini juga penghasil ikan tawar kering yang dijual hingga ke luar daerah, serta banyak keramba ikan di depan rumah untuk memelihara ikan tawar, terbanyak yang dipelihara ikan Lele.

Walaupun berada di daerah terpencil atau di dipenghujung kampung, penerangan di dua desa ini sudah diterangi layanan listrik PLN serta sudah terjangkau layanan air bersih dari PDAM, serta adanya Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) yang berada di desa Pihanin Raya.

Pembagian sembako dari pintu ke pintu, diawali salam dari rombongan dan disambut kehangatan dari para warga yang menerima kedatangan rombongan, masing-masing anggota rombongan membawakan paket sembako dan berjalan di titian kayu ulin yang menjadi penghubung satu rumah dengan rumah lainnya.

Turut hadir dalam pembagian sembako, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten HSS Rody Maulidi, serta anggota DPRD HSS dari Fraksi Nasdem Andre Lesmana, H Yopi Alfiani, Risma Fahriyatni dan H Haidir Sani.
 
DPD Partai Nasdem HSS peduli berbagi sembako di daerah terpencil (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020