Panitia khusus atau Pansus IV DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengunjungi Tanah Bumbu (Tanbu) - salah satu kebupaten yang berada di wilayah timur provinsi tersebut.

Ketua Pansus IV tersebut HM Lutfi Saifuddin S.Sos yang juga Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis menerangkan, kunjungan ke Tanbu itu untuk mengecek hasil-hasil pembangunan yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

"Sebagaimana pembagian dalam pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Kalsel Tahun Anggaran 2019, Pansus IV membahas bidang kesra," ujarnya sebelum bertolak ke Batulicin (260 kilometer timur Banjarmasin), ibu kota Tanbu.

Politikus Partai Gerindra itu berharap, hasil pengecekan lapangan Pansus IV DPRD Kalsel sesuai dengan LKPj Kepala Daerah Provinsi setempat tahun anggaran 2019.

Namun anggota DPRD Kalsel dua periode itu tidak menyebutkan fokus dari pengecekan Pansus IV terhadap bidang kesra dalam LKPj 2019 yang kegiatan pembangunannya juga terdapat di "Bumi Bersujud" Tanbu.

"Pokoknya semua bidang kesra dalam LKPj 2019 yang terdapat di Bumi Bersujud Tanbu akan kami lakukan pengecekan, apakah sesuai dengan kenyataan di lapangan," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

"Pasalnya sebelum kami membuat rekomendasin terkait bidang kesra pada LKPj Kepala Daerah Kalsel Tahun Anggaran 2019, terlebih dahulu ingin memastikan kesesuaian di lapangan," demikian Lutfi Saifuddin.

Dalam pembahasan LKPj Kepala Daerah Kalsel Tahun Anggaran 2019, keempat Pansus DPRD setempat melakukan kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah, 14 - 16 Mei 2020 untuk pengecekan lapangan hasil pembangunan yang menggunakan anggaran provinsi tersebut.

Sebagai contoh Pansus II DPRD Kalsel membahas LKPj 2019 bidang ekonomi dan keuangan kunker ke Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Pansus III DPRD Kalsel membahas LKPj 2019 bidang pembangunan dan infrastruktur kunker ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong - kabupaten paling utara provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020