Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antara) - Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin minta seluruh siswa sekolah menengah atas dan sederajat mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan pertengahan April 2014.


"Kami meminta seluruh siswa SMA sederajat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga hasil ujian bagus dan lulus sekolah," ujar gubernur di Kota Banjarbaru, Selasa, usai sosialisasi program bantuan operasional sekolah.

Ia mengatakan, setiap siswa calon peserta UN yang dijadwalkan pada 14-16 April 2014 harus mengurangi aktivitas yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran sekolah dan lebih fokus menghadapi ujian.

Di sisi lain, kata dia, orang tua juga harus mengawasi anak-anaknya yang akan menghadapi ujian akhir sekolah dengan mengarahkan agar lebih banyak di rumah dan mempelajari mata pelajaran yang bakal diujikan.

"Kesadaran mempersiapkan diri menghadapi ujian harus datang dari setiap individu siswa, di samping orang tua yang juga harus mendorong dan mengawasi aktivitas anak menjelang ujian," ujarnya.

Tak kalah pentingnya adalah peran guru sekolah yang terus membimbing anak didiknya sehingga semakin siap menghadapi ujian nasional yang tinggal belasan hari sehingga benar-benar siap dan mampu mengikutinya.

"Guru berperan dalam mendorong keberhasilan siswa menghadapi ujian baik melalui bimbingan materi maupun memotivasi anak didiknya agar selalu siap menghadapi ujian akhir sekolah penentu kelulusan," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kalsel Ngadimun mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan "try out" atau uji coba UN bagi seluruh siswa SMA dan sederajat untuk mengetahui kesiapan siswa menghadapi ujian.

"Hasilnya cukup baik meski pun `try out` bukan untuk melihat hasil tetapi mengetahui daya serap siswa terhadap mata pelajaran yang diberikan guru di sekolah di samping mengajari tata cara menjawab soal ujian," ujarnya.

Ditambahkan, jumlah siswa calon peserta UN seluruh Kalsel tingkat SMA sederajat sebanyak 25 ribu orang lebih dan akan mengikuti ujian yang dijadwalkan pada pertengahan April 2014 serentak di seluruh Indonesia.

  "Harapan kami seluruh siswa siap menghadapi UN dan Disdik sebagai penyelenggara juga siap termasuk soal ujian yang sudah datang dan siap didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara," katanya.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014