Sebanyak 9.329 warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI), di mana peluncurannya langsung dan penyerahan simbolis dilakukan Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kantor Pos Cabang Kandangan kemarin.

Ia mengatakan, penyaluran secara simbolis BST dari Kemensos untuk warga terdampak pandemik COVID-19 dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) periode April sampai dengan Juni 2020 di Kabupaten HSS.

"Pencairan BST ditangani oleh PT Pos Indonesia, kemudian untuk memberikan rasa aman, penyaluran ini dengan pengawalan dari pihak kepolisian," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Pemkab HSS salurkan Bantuan Sosial Tunai Kemensos

Djelaskan dia, program BST diperuntukkan untuk masyarakat yang masuk kategori miskin atau berpenghasilan rendah, untuk meringankan beban masyarakat memenuhi kebutuhan pokok, dengan besaran Rp600 ribu selama tiga bulan.

Usai melaunching dan menyerahkan secara simbolis BST di Kantor Pos Kandangan, Bupati HSS juga memantau penyerahan BST di Kantor Pos Cabang Daha Selatan.

Tujuan kunjungan ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan penyerahan Dana BST di Daha Selatan berjalan dengan lancar, serta dananya sampai kepada yang berhak sesuai ketentuan, baik kategori maupun persyaratannya.

Baca juga: Zakat, infaq dan Sedekah dari ASN HSS mulai disalurkan

Di kantor Pos Cabang Daha Selatan, Bupati HSS di sambut oleh Camat Daha Selatan Nafarin dan unsur forum koordinasi pimpinan kecamatan, dan saat didapati ada warganya yang tidak menggunakan masker, dengan sigap bupati memberikan masker dan dipasangkan.

"Karena disaat seperti ini kita masih belum aman dari virus Corona maka disetiap saat mari kita selalu pasang masker, selain itu biasakan juga untuk selalu mencuci tangan," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020