Oleh Rusmanadi

Paringin (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, optimis tingkat kelulusan pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2013/2014 April dan Mei mendatang dan Ujian Sekolah (US) Sekolah Dasar (SD) sederajat, bisa 100 persen.
    
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Eddy Yulianto di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis, mengatakan, pihaknya optimis karena hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan tingkat kelulusan 100 persen.
    
"Beberapa kegiatan dalam upaya mewujudkan hal itu sudah dilakukan, seperti sosialisasi, pengayaan dan try out yang akan dilaksanakan tidak lama lagi," katanya.
    
Dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, pihak Disdik setempat terus melakukan analisis dan pemantauan serta telaahan terhadap hasilnya.
    
Hal tersebut, ujarnya, dilakukan agar dapat diketahui kekurangan dan masalah apa yang ada sehingga dapat segera dicari solusi atau pemecahannya.
    
"Pelaksanaan UN dan US tahun-tahun sebelumnya juga di analisis sehingga diperoleh semacam data dari hasil pemetaan tersebut," ujarnya.
    
Dari hasil pemetaan tersebut dapat dilihat kecendrungan positif untuk dipertahankan maupun kecendrungan negatif yang harus dicarikan solusi atau langkah perbaikan.
    
Ia menambahkan, Disdik setempat menghimbau kepada seluruh Kepala Sekolah yang ada di Balangan agar dapat mempelajari dengan baik dan seksama data yang telah ada agar dapat diketahui titik lemah yang mungkin berpotensi menurunkan tingkat kelulusan siswa.
    
"Perhatikan dan pelajari dengan benar, mata pelajaran apa yang selama ini merupakan kelemahan siswa pada umumnya atau pokok bahasan apa dalam satu mata pelajaran yang cenderung sulit bagi siswa," tambahnya.
    
Kepada para orang tua siswa diharapkan agar bersama-sama mengawasi dan memberikan dukungan kepada anak-anak mereka, karena pihak sekolah memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan hal tersebut.
    
UN tahun ajaran 2013/2014 kali ini akan di ikuti oleh 7.759 siswa yang terdiri dari 2.395 siswa SMA sederajat, 2.832 siswa SMP sederajat dan 2.532 siswa SD sederajat.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014