Perusahaan Daerah Air Minum Intan Banjar membantu meringankan beban pelanggan ditengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) dengan cara memberikan potongan pembayaran pemakaian air selama dua bulan.

Direktur PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar di Kota Banjarbaru, Ahad mengatakan, potongan pembayaran tagihan rekening air diberikan kepada pelanggan untuk bulan April dan Mei 2020 sebesar 50 persen.

"Kami memberikan subsidi selama dua bulan sebesar 50 persen dari yang seharusnya dibayar namun khusus bagi pelanggan sosial umum, sosial khusus dan rumah tangga A1. Di luar itu, pembayaran normal," ujarnya.

Disebutkan, jumlah pelanggan sosial umum, sosial khusus dan pelanggan rumah tangga A1 mencapai ribuan dan tersebar di wilayah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang dilayani PDAM Intan Banjar.

"Jumlah pelanggan tiga golongan itu mencapai ribuan, tersebar di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Untuk jumlah keseluruhan pelanggan semua golongan tersebar pada dua daerah 90 ribu lebih," kata dia. 

Ia mengatakan, pemberian subsidi untuk membantu masyarakat ditengah pandemi COVID-19 dilakukan setelah pihaknya menerima surat dari Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Banjar terkait bantuan bagi pelanggan. 

Setelah dipelajari dan disesuaikan dengan kemampuan PDAM Intan Banjar, diambil kebijakan memberikan subsidi untuk tiga golongan pelanggan itu dengan besaran 50 persen dari tagihan rekening normal. 

"Pelanggan diberikan subsidi 50 persen untuk rekening bulan April dibayar Mei dan bulan Mei dibayar Juni. Namun, subsidi diberikan jika pembayaran tepat waktu sebelum tanggal 20," sebutnya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020