Inspektorat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pengelola Lapor HSS  turut mendukung Pemerintah dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), melalui aksi sosial serentak dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan(Kalsel) kemarin.

Inspektur Kabupaten HSS Rusmajaya, di Kandangan, Jum'at (8/5), mengatakan aksi serentak di laksanakan pada pukul 15.00 hinga 17.00 Wita, bersama dengan Polres HSS, Satpol PP dan Dinas Kominfo HSS membagikan ratusan lembar masker dan paket takjil kepada masyarakat di seputaran Kota Kandangan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati HSS H Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS HM Noor yang telah mendukung penuh kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Pemkab HSS salurkan Bantuan Sosial Tunai Kemensos

Dijelaskan dia, sehari sebelumnya Sekda HSS telah menyampaikan bahwa aksi sosial Lapor Peduli COVID-19 ini merupakan aksi peduli Pemkab HSS terhadap dampak yang ditimbulkan akibat penyebaran virus corona.

Di bulan penuh berkah ini juga pihaknya menghimbau untuk lebih meningkatkan semangat kesetiakawanan sosial, sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing untuk berbagi, terutama untuk warga yang kurang beruntung serta terdampak COVID-19.

Inspektur HSS terjun secara langsung ke jalan untuk membagikan masker dan takjil bersama jajaran, mereka juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan masker dan pembatasan untuk tidak keluar rumah kecuali untuk alasan penting dan mendesak.

Dalam rangkaian kegiatan Lapor Peduli COVID-19 ini juga telah diserahkan sarung tangan melalui Dinas Kesehatan HSS untuk dibagikan kepada petugas kesehatan, yang saat ini benar-benar sangat membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD).

Sebelum acara puncak aksi sosial serentak Lapor Peduli COVID-19 ini, di pagi harinya Inspektur beserta jajaran juga telah melaksanakan “Gerakan Inspektorat berbagi” di hari Jum’at yang penuh berkah.

Baca juga: Zakat, infaq dan Sedekah dari ASN HSS mulai disalurkan

Gerakan dengan membagikan beberapa paket sembako kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan di lingkungan terdekat dengan Kantor Inspektorat HSS, ini bentuk kepedulian ASN kepada tetangga terdekat sesuai imbauan dari Bupati HSS.

Dengan harapan melalui aksi-aksi sosial seperti ini kiranya dapat menambah rasa solidaritas, dan sedikit meringankan beban baik secara moril maupun psikologis bagi masyarakat yang terdampak COVID-19.

Melalui "Lapor Peduli COVID-19, Lapor Berbagi" pula hendaknya dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencegah penularan virus COVID-19 di wilayah Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020