Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab, menyampaikan kabar gembira dengan peningkatan kasus sembuh positif COVID-19 menjadi dua orang, sementara untuk lima Pasien Dalam Perawatan (PDP) masih dalam kondisi lemah.

Ia mengatakan, dua orang pasien positif yang sebelumnya dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin telah sembuh dan dipulangkan, yakni pasien dengan kode HBS-5 laki-laki (34) dari Kecamatan Daha Selatan dan kode HBS-6 laki-laki (69) dari Kecamatan Daha Utara.

"Jadi masih ada dua pasien positif yang dirawat, satu pasien HBS-9 laki-laki (42) Padang Batung dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, dan satu pasien HBS-15 laki-laki (42) dari Daha Barat dirawat di RSUD Kandangan," katanya, dalam keterangan resmi Gugus Tugas COVID-19 HSS, Kamis (7/5) sore.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 HSS dari Daha Selatan sembuh

Dijelaskan dia, situasi terkini COVID-19 HSS, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 276 orang, 258 selesai pemantauan, sisa 18 orang proses pemantauan, PDP lima orang, kasus terkonfirmasi positif empat orang, sembuh dua orang, dan meninggal nol.

Kondisi masing-masing PDP antaralain, kondisi masing-masing PDP antaralain, HBS-21 perempuan(54) Daha Utara kondisi lemah, HBS-22 perempuan(70) Kandangan kondisi lemah, HBS-23 laki-laki (59) Kandangan kondisi lemah, HBS 24 laki-laki(55) Kandangan kondisi lemah, dan HBS-25 laki-laki(66) Simpur kondisi lemah.

Sementara untuk rincian ODP perkecamatan, Kecamatan Angkinang 15 orang ODP dan selesai 13, Daha Barat satu orang ODP dan selesai satu, Daha Selatan 57 orang ODP dan selesai 53.

Daha Utara 39 orang ODP dan selesai 36, Kalumpng tujuh orang ODP dan selesai tujuh, Kandangan 77 orang ODP dan selesai 72, Loksado delapan orang ODP dan selesai delapan.

Baca juga: Video - Bupati HSS lepas kepulangan enam ODP HSS tes swab negatif

Kecamatan Padang Batung 21 orang ODP dan selesai 18, Simpur 27 orang ODP dan selesai 27, Sungai Raya 16 orang ODP dan selesai 15, Telaga Langsat delapan orang ODP dan selesai delapan.

"Hari ini kami juga telah memulangkan enam ODP yang telah keluar hasil tes swab kedua dengan negatif, jadi masih ada lima orang yang ODP yang menginap di bangunan eks RSUD Kandangan," katanya, yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan HSS.

Ditambahkan dia, enam ODP yang dipulangkan sebelumnya menginap dari tanggal 24 April 2020 atau kurang lebih dua minggu, tiga ODP dari Desa Muning Baru, Pihanin Raya, Tambangan, Kecamatan Daha Selatan, satu ODP dari Desa Bangkau, Kecamatan Kandangan, dan dua orang dari Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020