Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab menyampaikan ada empat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kembali dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry, Kandangan.

Ia mengatakan, empat PDP tersebut  antaralain, HBS-21 perempuan (54) dari Kecamatan Daha Utara kondisi stabil, HBS-22 perempuan (70) Kandangan kondisi lemah, HBS-23 laki-laki (59) Kandangan kondisi lemah, HBS-24 laki-laki (55) juga dari Kandangan kondisi lemah.

"Serta ada pasien rujukan, yang merupakan pendatang dari Kabupaten Kotabaru, pasien HBS-20 perempuan (44) dalam kondisi stabil," katanya, dalam keterangan resmi Gugus Tugas COVID-19 HSS, Senin (4/5) sore.

Dijelaskan dia, untuk data kondisi terkini, Orang dalam pemantauan (ODP) 270 Orang, 250 orang selesai pemantauan, 20 ODP masih dalam pemantauan, PDP empat orang, pasien terkonfimasi positif  tiga, sembuh satu orang dan meninggal nol.

Baca juga: Satu pasien COVID-19 HSS sembuh, Bupati HSS sampaikan ucapan terima kasih

Rincian ODP perkecamatan antaralain, Kecamatan angkinang 14 orang selesai 13 orang, Daha Barat satu orang selesai satu, Daha Selatan 56 orang selesai 49 orang, Daha Utara 38 orang selesai 34 orang.

Kecamatan kalumpang tujuh orang selesai tujuh, Kandangan 76 orang selesai 72 orang, Loksado delapan orang selesai delapan, Padang Batung 19 orang selesai 17 orang.

Simpur 27 orang ODP dan selesai 26 orang, Sungai Raya 16 orang selesai 15 orang dan terakhir, Kecamatan Telaga Langsat delapan orang OPD dan selesai delapan orang.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya untuk mencegah penularan virus Corona, upaya yang di lakukan oleh pemerintah akan lebih cepat berhasil, apabila di dukung oleh masyarakat.

"Mari kita bersama-sama bergotong royong, bersama semua lapisan masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19, mari kita patuhi himbauan yang telah disampaikan, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah TNI, Polri, dan MUI," katanya.

Baca juga: Jubir Gugus Tugas COVID-19 : ODP HSS turun menjadi 25 orang

Juga jujur menyampaikan informasi yang sebenarnya kepada petugas kesehatan, dan jangan pula saling menyalahkan satu sama lain, sikapilah kenyataan ini dengan bijak.

Memutus mata rantai penyebaran covid 19, dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir sesering mungkin,melakukan physical distancing atau menjaga jarak aman dalam bebagai aktifitas minimal satu meter dari setiap individu dan selalu menggunakan masker, apabila beraktifitas di luar rumah.

Dan Pihaknya terus menghimbau, bagi warga masyarakat HSS yang pada saat ini masih berada di perantauan atau pun berada di luar daerah, agar jangan mudik dulu dimasa pandemi ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020