Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel)- Pihak PT Arutmin Indonesia menemukan sejumlah alat berat saat operasi pengawasan Penambangan Tanpa Ijin (Peti) di areal lahan Perjanjian Kerjasama Pengembangan Pertambangan Batu Bara (PKP2KB) milik perusahaan tersebut.

Humas PT Arutmin Indonesia Zainuddin JR Lubis melalui email kepada ANTARA Cabang Kalsel di Banjarmasin, Sabtu mengatakan dengan adanya penemuan tersebut akhirnya kasusnya diserahkan kepada polisi setempat.

Dijelaskan penemuan alat berat tersebut setelah sebuah tim pengamanan internal PT Arutmin Indonesia tambang Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, bersama dengan Polsek Satui, Brimob dan tim PT Jhonlin Baratama (JB) melakukan patroli PETI di Pit Sajuna dan Pit Abimanyu pada pekan ini.

Pada saat patroli, tim gabungan menemukan sejumlah alat berat PETI yang tidak dioperasikan (standby) dan satu excavator PC 300.

Selain itu tim juga mendapati dua unit dump truck sedang aktif memuat batubara. Padahal sehari sebelumnya, hampir semua alat berat PETI tersebut aktif bekerja di dalam PKP2B Arutmin Indonesia.

Tim mengamankan seorang operator excavator dan dua orang supir dump truck yang selanjutnya diserahkan ke Polsek Sungai Danau.

Pemilik alat berat belum diketahui karena masih menunggu hasil Berita Acara Pemeriksanaan (BAP) dari kepolisian, tambahnya.

Kemudian, tim gabungan melanjutkan patroli ke Pit Abimanyu. Di Pit Abimanyu, semua alat berat PETI dalam keadaan tidak ada kegiatan.

Dalam perjalanan tim gabungan berpapasan dengan AJG yang dikawal dua unit LV. AJG diduga melakukan penambangan tanpa izin di kawasan yang berdekatan dengan Sungai Baruna dan berada dalam wilayah kawasan hutan.

Selama ini aktivitas PETI tersebut mengaku atas izin kontraktor Arutmin yaitu Jhonlin Baratama (JB), padahal JB tidak pernah memberikan izin, tambah Zainuddin Lubis.

Selain itu, wilayah kerjasama Arutmin dan JB hanya mencakup Pit Perintis dan Jumbang, bukan di Pit Satui ataupun Pit Mulia.

Untuk mengamankan wilayah Arutmin Tambang Satui, secara rutin Tim Pengamanan Internal Arutmin Tambang Satui melakukan patroli,tambahnya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014