Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Hulu Sungai Selatan (HSS) Hendro  Martono  membagikan ratusan masker secara gratis untuk para pekerja atau buruh industri rumah di Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, sebelumnya mengajak karyawan dan karyawati di lingkungan dinas dipimpinnya dalam upaya pencegahan COVID-19, dan dari sumbangan sukarela ASN Disnakerkop UKP HSS terkumpul 500 buah masker untuk dibagikan secara bertahap.

Baca juga: Puluhan pekerja terdampak COVID-19 dibantu Disnakerkop UKP HSS

"Ada ratusan pekerja dan buruh mendapatkan masker secara gratis dan sekaligus kita memberikan penjelasan langsung tentang protokol pencegahan COVID-19 untuk para pekerja industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Kecamatan Simpur, Sungai Raya, dan Kandangan," katanya, Senin (27/4).

Dijelaskan dia,  setidaknya para pekerja agar menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun saat memulai maupun selesai bekerja, dan jaga jarak, dan kepedulian ini sangat berarti bagi mereka, mengingat keseharian mereka terus bekerja sehingga terkadang ketinggalan informasi berita.

Kepada pemilik IKM, ia juga meminta agar memperhatikan protokol pencegahan COVID-19, diantaranya menyiapkan tempat cuci tangan pakai sabun, mewajibkan pekerjanya menggunakan masker, mengatur jarak, dan memantau kesehatan pekerjanya.

Baca juga: Disnakerkop UKP HSS dampingi 315 orang input kartu Prakerja

Dan ditengah dampak ekonomi akibat wabah Corona ini, pihaknya juga berpesan agar kiranya para pemilik IKM tidak gampang untuk memutus kerja pekerjanya, pekerja bisa dirumahkan sementara atau diatur jam kerjanya.

Selain pembagian masker yang langsung dilakukan Kadisnakerkop UKP, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Disnakerkop HSS juga diutus untuk membagikan sembako dan masker ke lansia.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020