Perusahaan perkebunan kelapa sawit, Minamas Plantation, menyerahkan 1.000 liter minyak goreng merek "Alif" melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat setempat.

"Ini sebagai wujud kepedulian Minamas Plantation terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya di tengah upaya penanggulangan COVID-19," kata CEO Minamas Plantation Shamsuddin Muhammad di Banjarbaru, Jumat.

Penyerahan minyak goreng Alif secara simbolis dilakukan oleh perwakilan Minamas Plantation kepada Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel drh Suparmi di Banjarbaru.

Shamsuddin menuturkan bantuan itu realisasi dari kepedulian perusahaan untuk mendukung program pemda dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bahan pangan pokok di tengah pandemik COVID-19 saat ini dan khususnya memasuki Ramadhan.

"Bantuan ini mungkin belum dapat menjangkau masyarakat secara luas karena keterbatasan produksi 'Alif' yang baru saja diluncurkan. Namun, kami cukup berbahagia karena dapat turut berkontribusi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Suparmi mengapresiasi kepedulian Minamas Plantation karena telah membantu penanggulangan dampak pandemi COVID-19, khususnya dalam menjaga kesejahteraan masyarakat.

Minamas Plantation melalui unit usaha hilirnya PT Sime Darby Oils Pulau Laut Refinery (PT SDOPLR) pada kuartal pertama tahun ini telah resmi memperkenalkan minyak goreng dengan merek "Alif" yang merupakan minyak goreng pertama diproduksi di Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.
Baca juga: Tebar kurban sekaligus edukasi masyarakat jaga lingkungan
Baca juga: Minamas Plantation donasikan 33 Ekor Hewan Kurban
Baca juga: Minamas komitmen terapkan perkebunan nol pembakaran
Dengan hadirnya kegiatan usaha hilirisasi produk dari perkebunan kelapa sawit itu diharapkan membantu menggerakkan roda perekonomian daerah, membangun kesejahteraan bersama, serta mewujudkan kebanggaan masyarakat terhadap produk-produk lokal yang berkualitas.

Minamas Plantation bagian dari Sime Darby Plantation Berhad, Malaysia, didirikan pada April 2001 dan beroperasi di delapan provinsi di Indonesia, dengan total landbank sebesar 273.331 hektare.

Dari jumlah itu, 202.302 hektar di antaranya telah ditanam kelapa sawit, mewakili sekitar 74 persen dari total landbank yang dimiliki. Dengan 69 perkebunan dan 23 pabrik yang berlokasi di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, Minamas Plantation memiliki total tenaga kerja hampir 40.000 di Indonesia.

Minamas Region Kalimantan Selatan memiliki 23 kebun, tujuh pabrik dan satu refinery (kilang minyak), total area 86.924 hektare dan ditanam 70.237 hektare atau 81 persen.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020