Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, Pemerintah Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mulai menerapkan "lockdown" terbatas dengan memperketat keamanan lingkungan di wilayahnya.

Camat Simpang Empat Syamsudin, di Batulicin Selasa mengatakan, salah satu bentuk nyata mencegah COVID-19 dengan menutup jalan-jalan kecil atau gang agar masyarakat dapat membatasi diri terhadap kerumaunan.

"Menutup jalan-jalan kecil ini untuk melindungi warga dari penyebaran Virus Corona yang saat ini sedang mewabah bukan untuk emmpersulit warga," katanya.

Dia menjelaskan, ini bagian dari melaksanakan instruksi Bupati Tanah Bumbu agar desa/kelurahan membentuk relawan COVID-19 dan mengaktifkan poskamling.

Seluruh desa di Tanah Bumbu diminta menjaga wilayahnya masing-masing dengan tujuan agar orang dari luar daerah yang baru tiba di Tanbu mudah untuk di pantau.

Kalau ditemukan orang luar Tanbu berasal dari zona merah maka diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

Terkait adanya Video di Media Sosial (Medsos) akses jalan Trasmigrasi yang ditutup karena ada Virus Corona, Camat Syamsudin mengatakan hal itu tidak benar melainkan ditutupnya gang kecil tersebut untuk memperketat sistem keamanan masyarakat dalam mencegah penyebaran Virus Corona.

"Dari data Tim Gugus Tugas COVID-19 Tanbu bahwa hingga saat ini di Kecamatan Simpang Empat tidak ada warga yang terkonfirmasi virus corona," pungkas Syamsudin.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020