Dapur umum tiga pilar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) didirikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, Kodim Kandangan dan Polres HSS untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Bupati HSS H.Achmad Fikry, di Kandangan (20/4), mengatakan akan dibagikan sebanyak 300 nasi kotak untuk warga yang langsung terdampak COVID-19 seperti tukang bentor, becak dan lain-lain yang sangat membutuhkan.

"Daput ini dari kita bersama dan bukti sinergitas yang kuat, serta ini terbuka untuk masyarakat. Nanti Insya Allah sampai bulan puasa yang biasa membukakan puasa, bisa uangnya diserahkan di sini kita dan berbukanya akan siapkan," katanya, dalam pembukaan dapur umum, di lokasi kawasan gedung MTQ Kandangan Kota.

Baca juga: Tanggap COVID-19, BNDHSS bagikan masker, vitamin gratis dan paket sembako

Dijelaskan, keberadaan dapur ini sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin membantu, tidak saja pemerintah, TNI, Polri, tapi masyarakat pun dipersilahkan untuk bisa berbagi makanan kepada masyarakat melalui dapur umum.

Supaya tidak ada perkumpulan jadi diusahakan maksimal akan diantar, karena kalau antri di sini bisa tidak sesuai penanganan COVID-19 dengan meniadakan perkumpulan, dapur umum ini dilaksanakan hingga hari kamis, dan nanti kalau puasa akan dilihat perkembangannya sepanjang dapur umum masih dibutuhkan masyarakat.

Sementara itu, untuk menu yang disiapkan selama empat hari dari tanggal Senin (20/4) sampai dengan Kamis (23/4), antara lain di hari pertama, Ayam goreng tepung, Ikan Nila Goreng, capcay dan buah Semang, hari Kedua Ikan Patin Goreng, sayur asama dan buah Pisang.

Baca juga: ODP HSS dalam proses 60 orang, empat PDP kondisi stabil

Di hari ketiga, Ayam asam manis, oseng tempe atau kacang panjang dan buang Semangka, dan dihari keempat Ikan Peda Goreng, oseng Buncis atau Jagung atau Kecambah dan buah Pisang.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H. Ahmad Fahmi, Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya Helmi, Dandim 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kepala Kejaksaan Negeri HSS Sugeng Riadi, SH, dan Kepala Pengadilan Negeri Dian Erdianto.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020