Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19, dengan mendonasikan obat dan vitamin kepada Satgas Penanggulangan COVID-19.

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menangani COVID-19, khususnya di "Bumi Bersujud"," kata Ketua IAI Cabang Tanah Bumbu Totok Dwi Prasetyo di Batulicin, Jumat.

Dia mengatakan obat dan vitamin yang didonasikan sebanyak satu karton atau satu kardus sebagai bentuk kepedulian dalam penanganan virus corona.
Baca juga: Tanah Bumbu Regent distributes aid to people affected by COVID-19
Baca juga: Tanbu gelar operasi pasar bagi warga terdampak COVID-19
Baca juga: IAI Tanah Bumbu tekan kasus penyebaran COVID-19
Mengingat ketersediaan obat batuk dan vitamin di Tanah Bumbu semakin menipis, sehingga IAI Tanah Bumbu berinisiatif memberikan obat dan vitamin kepada tim medis yang bertugas dan beberapa warga yang dikarantina untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Menurut Totok, bagi warga yang menderita atau dinyatakan positif virus corona sebenarnya bisa sembuh, asalkan yang bersangkutan dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh serta melakukan pengobatan terhadap gejala penyakit yang timbul.

Sedangkan cara untuk meningkatkan sistem imun dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang aman dan bergizi, minum air putih delapan gelas per hari, olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi vitamin dan yang paling penting sering mencuci tangan menghunakan sabun dan air mengalir.

Totok menyampaikan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Tanah Bumbu mencapai 245 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) satu orang dan yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai tiga orang.

"Kami mengimbau seluruh warga Tanah Bumbu agar mengikuti anjuran pemerintah dengan melaporkan diri kepada Tim Satgas COVID-19 apabila yang bersangkutan telah melakukan perjalanan dari daerah yang terpapar virus corona," kata Totok.

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020