Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggelar operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat terdampak penyakit COVID-19.

"Operasi pasar ini terselenggara berkat kerja sama pemda dengan PT Telaga Asri Jaya dan PT Rahmad Perkasa yang merupakan agen elpiji di Tanah Bumbu," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Tanah Bumbu Deni Haryanto di Batulicin, Kalsel, Jumat.

Operasi pasar ini dilakukan untuk membantu meringankan beban warga kurang mampu, terutama terdampak corona agar bisa memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Tanah Bumbu dengan jadwal yang sudah ditentukan.

"Kemarin operasi pasar dilaksanakan di Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Mantewe," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya menyiapkan 300 paket kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, bawang dan lain-lain yang telah didistribusikan di setiap kecamatan.

Sistem pendistribusian kebutuhan pokok tersebut dilakukan dengan menyerahkan paket ke pihak kecamatan dan selanjutnya kecamatan menyerahkan ke desa dengan sistem kartu atau langsung ke warga guna mencegah berkumpulnya orang.

Kabid Perdagangan Ahmad Heriansyah, menambahkan pihaknya sebelumnya juga melaksanakan monitoring harga untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di seluruh pasar dan distributor.

"Kami juga melakukan imbauan ke para pedagang untuk memakai APD pada saat melakukan kegiatan dan kami juga melaksanakan imbauan ke masyarakat agar tidak berbelanja dalam jumlah banyak karena akan memicu kenaikan harga," tambahnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020