Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menekan kasus penyebaran virus Corona atau COVID-19 dengan mendonasikan obat-obatan atau vitamin kepada Satgas penagulangan COVID-19.

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menangani kasus COVID-19 Khusunya di "Bumi Bersujud"," kata Katua IAI Cabang Tanah Bumbu Totok Dwi Prasetyo di Batulicin, Jum'at.

Dia mengatakan, obat dan vitamin yang didonasikan sebanyak satu karton atau satu kardus sebagai bentuk kepedualian terhadap penanganan virus corona.

Mengingat ketersediaan obat batuk dan vitamin di Tanah Bumbu semakin menipis, sehingga IAI Tanah Bumbu berinisiatif memberikan obat dan vitamin kepada tim medis yang bertugas dan beberapa warga yang dikarantina untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Menurut Totok, bagi warga yang menderita atau dinyatakan positif virus corona sebenarnya bisa sembuh, asalkan yang bersangkutan dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh serta malakukan pengobatan terhadap gejala penyakit yang timbul.

Sedangkan cara untuk meningkatkan sistem imun dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang aman dan bergizi, minum air putih delapan gelas per hari, olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi vitamin dan yang paling penting sering melakukan cuci tangan mengunakan sabun dan air mengalir.

Totok menyampaikan, informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Tanah Bumbu mencapai 245 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) satu orang dan yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai tiga orang.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Bumbu agar dapat mengikuti anjuran pemerintah dengan melaporkan diri kepada Tim Satgas COVID-19 papabila yang bersangkutan telah melakukan perjalanan dari daerah yang terpapar virus corona," pungkas Totok.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020