Wujud kepedulian dan perhatian kepada masyarakat kurang mampu dan terdampak COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), sekaligus dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 Tahun 2020, Tim Penggerak PKK HSS menyalurkan paket bantuan sembako kepada warga penerima bantuan yang tersebar di sebelas kecamatan.

Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, di Kandangan, Senin (13/4), mengatakan bantuan ini bisa meringankan beban keluarga penerima bantuan, apalagi saat ini dampak dari penyebaran virus corona yang membuat ekonomi warga terganggu.

"Selain itu sesaat lagi akan tiba bulan suci Ramadhan, sehingga bantuan ini juga diharapkan bisa menopang sebagian pengeluaran saat puasa nanti," katanya, disela kegiatan penyaluran bantuan.

Baca juga: Cegah penularan, kontraktor HSS diimbau terapkan pencegahan COVID-19

Dijelaskan dia, untuk masyarakat Kabupaten HSS dalam upaya pencegahan COVID-19, selalu saling mengingatkan agar menjaga kebersihan, mencuci tangan pakai sabun, dan bila bepergian keluar rumah jangan lupa menggunakan masker.

Dimulai pagi hari berangkat mulai Kantor Sekretariat PKK Kabupaten dan dipimpin langsung Ketua TP. PKK HSS, rombongan bertolak membawa paket bantuan sembako menuju Kecamatan Kandangan, Simpur, Sungai Raya dan Kalumpang.

Untuk Kecamatan Kandangan, paket bantuan sembako ini diserahkan Ketua TP. PKK HSS Hj. Isnaniah A Fikry yang tersebar di lima desa dan satu kelurahan yaitu Desa Tibung Raya, Amawang Kanan, Sungai Paring, Bariang, Amawang Kiri Muka dan terakhir di Kelurahan Kandangan Barat.

Selain pembagian paket sembako, untuk warga penerima bantuan pada kesempatan tersebut juga diserahkan masker, sebagai pelindung diri ditengah mewabahnya virus Corona saat ini.

Untuk kecamatan Simpur, pembagian paket sembako dipimpin Wakil Ketua I TP. PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, di Kecamatan Simpur sendiri penyaluran paket sembako ini berada di Desa Wasah Hulu, Wasah Tengah, Wasah Hilir, Simpur, Tebing Tinggi dan Garunggang.

Sementara di Sungai Raya, bantuan paket sembako disalurkan di Desa Hamalau, Telaga Bidadari, Karasikan, Sarang Halang, Paring Agung dan Sungai Raya Selatan diserahkan Wakil Ketua II Ir Hj. Elyani Yustika, sedangkan di Kalumpang bantuan paket diserahkan di Desa Karang Paci, Balimau, Karang Bulan, Bago Tanggul dan Kalumpang.

Baca juga: Sikapi situasi terkini di HSS, Pasar Ramadhan terbuka diganti secara online

Selain itu, pagi itu juga diserahkan bantuan paket sembako untuk dhuafa terdampak COVID-19 dari Bank BRI Cabang Kandangan yang diserahkan Pimpinan Cabang M Arief Prabowo kepada Ketua TP. PKK HSS, di mana untuk selanjutnya akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Donasi yang diberikan untuk dhuafa terdampak COVID-19 sebesar Rp10 juta, BRI sebagai salah satu Tim Satgas COVID-19 telah juga mempunyai berbagai program.

Program tersebut, antaralainpembagian nasi bungkus kepada para penarik beca dan bentor, pembagian masker di pasar-pasat tradisional, pembagian tempat cuci tangan atau wastafel yang dibagikan ke setiap koramil dan lembaga pemasyarakatan.

Harapanya dengan bantuan ini juga bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, serta wabah COVID-19 ini segera berakhir sehingga masyarakat bisa berusaha mencari nafkah dengan lancar kembali.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020