Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)1 Kandangan membagikan 500 buah masker kain gratis, kepada masyarakat umum yang mellintas di kawasan alun-alun Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kepala SMKN 2 Kandangan Agus Ratmono, di Kandangan, Kamis (9/4), mengatakan pembagian masker ini di latarbelakangi karena kesulitannya masyarakat dalam mendapatkan masker, karena keterbatasan dan kelangkaan, serta bentuk pencegahan dari penularan virus Corona (COVID-19).

“Hari ini kami membagikan sebanyak 500 buah masker secara gratis kepada masyarakat, tujuannya agar memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya, disela-sela pembagian masker.

Baca juga: SMKN1 Kandangan produksi masker kain cegah wabah corona

Dijelaskan dia, Ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, agar membiasakan diri memakai masker ketika keluar rumah. Selain itu diharapkan semoga SMKN 2 Kandangan bisa menjadi inspirasi untuk sekolah-sekolah yang lain untuk berbagi bersama ke masyarakat.

Kapolsek Kandangan Iptu Suherman Wijaya, mengucapkan terimakasih kepada SMKN 2 Kandangan karena sangat mendukung adanya himbauan dari pemerintah terkait upaya bersama dalam mencegah penularan virus.

Menurut dia, seluruh masyarakat harus mengenakan masker, juga menghimbau agar masyarakat tetap berperilaku hidup sehat dan bersih, biasakan mencuci tangan sebelum makan dan memanfaatkan hand sanitizer sebelum beraktivitas serta menghindari kerumunan.

Baca juga: Cegah Corona, Anggota DPRD HSS Nasdem bagikan ribuan masker gratis

Diketahui SMKN 1 Kandangan juga telah memproduksi masker kain gratis, bahan berasal dari swadaya para guru dan dikerjakana secara sukarela oleh anak-anak didik mereka di jurusan tata busana kelas X.

Ditahap awal mereka telah membuat dua jenis masker, yakni masker kain protection dan masker kain biasa, untuk masker protection dibagikan gratis untuk pekerja publik atau pelayanan masyarakat dan masker kain biasa dibagikan untuk masyarakat umum,

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020