Oleh Syamsuddin Hasan

Banjarmasin, (Antaranews K alsel) - Ketua Komisi I bidang hukum dan pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan H Achmad Bisung meminta pers di provinsinya agar turut serta menyukseskan Pemilihan Umum tahun 2014.

"Karena peran pers cukup penting dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 yang tinggal sekitar dua bulan lagi," ujarnya menjawab Antara Kalsel, di Banjarmasin, Jumat.

"Keikutsertaan menyukseskan Pemilu tersebut, antara lain turut melakukan pencerahan dan memberikan pendidikan politik agar mereka yang mempunyai hak memilih menggunakan haknya itu dengan sebaik-baiknya," lanjutnya.

Mengenai pertumbuhan dan perkembangan pers di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kalsel yang membidangi sosial politik dan media massa itu, berpendapat, cukup menunjukkan kemajuan.

"Terlepas positif - negatif, karena segala sesuatu tidak lepas dari positif -negatif, maka menurut saya, pers di Kalsel cukup besar perannya dalam pembangunan daerah dan masyarakat setempat," katanya.

Menurut politisi senior Partai Demokrat tersebut, tanpa peran pers, mungkin segala bentuk dan jenis pembangunan tidak akan mencapai hasil maksimal, bahkan bisa terancam gagal.

"Oleh sebab itu, kita tak boleh menggap kecil peran pers. Bagi pribadi saya, peran pers cukup bermakna dan merupakan mitra yang baik," lanjut anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut.

"Namun peran pers tersebut sudah barang tentu sesuai dengan tugas dan fungsinya, antara lain mencerdaskan kehidupan bangsa, serta melakukan sosial kontrol," lanjutnya.

Seiring peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2014 serta usia organisasi kewartawanan tertua di Indonesia yang mencapai 68 tahun, dia juga berharap, pers di daerahnya makin meningkat.

"Seiring usia yang semakin tua, pers di Kalsel hendaknya juga semakin dewasa dan lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsi, seperti membuat karya jurnalistik," demikian Achmad Bisung.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014