Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitda) HSS menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten HSS tahun 2021, Rabu (08/04).

Kepala Bapelitbangda HSS M. Arliyan Syahrial, di Kandangan, Rabu (8/4), mengatakan Musrenbang Kabupaten HSS kali ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan dengan cara melalui Video Conference(Vicon) dari enam tempat.

"Enam tempat tersebut, yakni di Pendopo Kabupaten, aula Dinas Kesehatan, aula Dinas PU, aula Dispera KPLH, aula Kecamatan Kandangan, Kantor DPRD Kabupaten HSS yang juga diikuti Kepala BAPPEDA Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) serta Kepala Dinas Kesehatan Kalsel," katanya.

Baca juga: Forum gabungan perangkat daerah untuk susunan RKPD HSS

Dijelaskan dia, musrenbang kali ini kita laksanakan dengan Vicon, sesuai arahan Surat Kemendagri RI terkait social distancing dan pemanfaatan teknologi informasi, yaitu menghindari pertemuan dan perkumpulan dan persentuhan dengan orang lain.

Bupati HSS H. Achmad Fikry mengatakan untuk sasaran dan prioritas pembangunan pada tahun 2021 adalah sesuai dengan RPJMD Kabupaten HSS tahun 2018-2023 yaitu peningkatan akses dan kualitas pendidikan yang berakhlak mulia, peningkatan akses dan kualitas kesehatan, revitalisasi pertanian dengan berbagai sub-sektor perikanan, tanaman pangan dan perkebunan.

Menurut dia, juga akan mengembangkan pariwisata berbasis kearifan lokal, penguatan UMKM dan koperasi, pembangunan sumber daya alam dan lingkungan hidup, pengembangan infrastuktur pemukiman dan perumahan rakyat, peningkatan perlindungan dan kesejahteraan sosial serta peningkatan kualitas birokrasi pelayanan publik dan keagamaan.

 

Ketua DPRD Kabupaten HSS H. Achmad Fahmi, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Bupati HSS yang sebelumnya sudah turun langsung ke kecamatan-kecamatan dalam Musrenbang Kecamatan, dan demikian pula pada Musrenbang Kabupaten kali ini.

"Hal yang dilakukan Bupati HSS ini sangat efektif untuk gugus perencana di tingkat terendah baik itu RT, Desa sampai kecamatan, kami yakin yang demikian itu dilaksanakan untuk memberikan yang terbaik dalam pembangunan di HSS," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020