Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin Khairul Saleh mengatakan  pihaknya sementara menutup pelayanan tatap muka, namun masyarakat bisa terlayani lewat WhatsApp (WA).

"Sudah seminggu ini kita tidak lagi membuka loket pelayanan untuk urusan, tapi bukan tutup sama sekali dan bisa lewat WA," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Warga yang melakukan permohonan pembuatan catatan kependudukan dan lainnya tetap banyak pada masa tanggap darurat COVID-19 ini, yakni, melewati daring tersebut.

"Seratus sampai dua ratusan masih ini, kita layani, meski tidak tatap muka lagi," ujarnya.

Namun hanya terkhusus untuk pelayanan pembuatan Kartu Keluarga, Akta Lahir, Surat Kematian atau Surat Perceraian dan lainnya, selain pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

"Karena pembuatan KTP-el itu kan harus tatap muka langsung, yakni, saat rekam sidik jari dan iris mata, juga foto, ini sementara tidak bisa, kita menjaga agar tidak ada kontak langsung, memutus mata rantai penyebaran virus Corona," terangnya.
Baca juga: Disdukcapil Banjarmasin pastikan pembuatan KIA lancar
Baca juga: Disdukcapil diminta buat aplikasi daring daftar antri
Baca juga: Disdukcapil Banjarmasin kembali kehabisan blanko KTP-elektronik
Namun untuk pengurusan surat yang lainnya, karena tidak harus tatap muka, dokumennya bisa dikirim lewat WA atau email.

"Kalau sudah selesai, kita kirimkan langsung ke rumah, lewat kantor pos, jadi warga tidak perlu ambil ke kantor Disdukcapil lagi," papar Khairul Saleh.

Untuk menyampaikan ke masyarakat terkait layanan ini, bebernya, pihaknya sudah membuat baleho besar di depan kantor, termasuk bagaimana mekanisme pengurusannya lewat daring tersebut.

"Tentunya ada juga petugas kita yang jaga untuk menjelaskan ke masyarakat, bagaimana caranya," tutur Khairul Saleh.

Menurut dia, kebijakan ini harus diambil untuk menghindari terjadinya penumpukan masyarakat, di mana kantor Disdukcapil setiap harinya, jika hari bisa tidak ada wabah COVID-19 ini, ratusan warga datang.

"Kita harap semuanya bisa memaklumi kondisi ini, kita harus sama-sama menjaga keselamatan diri dan orang lain, mari kita taati aturan yang sudah dibuat pemerintah, moga masalah virus Corona ini segera berlalu," katanya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020