Menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam upaya pencegahan penyebaran/ penularan Virus Corona (Covid 19) maka Pemkab Hulu Sungai Utara juga membatasi alur masuk di semua titik daerah perbatasannya.

Melalui gugus tugas P3 Covid dibangun pos-pos pengawasan dam pemeriksaan didaerah perbatasan, khususnya menerjunkan personil dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan dan lainnya.

Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres HSU Kompol Joko Sutopo di Amuntai, Minggu mengatakan, melalui kegiatan ini petugas diantaranya melakukan test screning suhu badan bagi warga luar yang ingin masuk ke Kabupaten HSU.

"Kita ingin memastikan dan juga antisipasi tentang pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat yang akan memasuki daerah hukum Kabupaten HSU dalam keadaan normal tidak ada indikasi sakit," ujar Sutoyo.
 
Petugas menanyai pengendara roda empat terkait tujuan perjalanan masuk wilayah HSU antisipasi penyebaran Covid 19. (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Sutoyo mengatakan, sebelumnya petugas juga menanyakan kepada pengguna jalan maksud dan tujuan memasuki wilayah HSU, apabila sekedar melintas maka dipersilahkan melanjutkan perjalanan, apabila ada kepentingan berbelanja dianjurkan setelah belanja untuk segera kembali ke rumahnya.

Selain itu, katanya, Personil Polri membagikan selebaran maklumat Kapolri dengan harapan pengguna jalan menjadi paham dan mengerti terkait maklumat Kapolri dalam upaya antisipasi penyebaran/penularan Covid 19.
 
Petugas melakukan melakukan test screning suhu badan pengendara roda dua yang akan memasuki wilayah HSU. (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Gubernur Kalsel melalui Teleconference dengan walikota/ bupati bahwa Pemrov Kalsel memperpanjang status tanggap darurat penanganan Covid-19  terhitunh 03 April sampai 16 April 2020 mendatang.

Maka pemkab HSU menyesuaikan dengan kebijakan Pemrov Kalsel diantaranya melakukan pembatasan arus masuk orang dari luar HSU untuk masuk ke wilayah HSU.
Mereka harus melewati pos pemeriksaan di perbatasan.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020