Kepala Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Nordiansyah, menyampaikan pihaknya bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait telah melakukan rapat persiapan, Sabtu (4/4), dalam persiapan program daerah Jaringan Pengaman Sosial (JPS), untuk masyarakat yang terdampak virus Corona.

Ia mengatakan, program ini sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, supaya masing-masing daerah bisa menyiapkan dan melaksanakan program dalam penanganan warga yang terdampak, termasuk di Kabupaten HSS.

"Masyarakat yang nantinya yang menjadi sasaran, adalah mereka yang layak menerima bantuan dan selama ini belum mendapatkan bantuan rutin, baik dari daerah maupun program bantuan pusat," katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Baca juga: Peduli pencegahan Corona, SMKN1 Kandangan produksi masker kain gratis

Dijelaskan dia, pihaknya bersama dinas terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian, melaksanakan rapat dalam upaya percepatan pelaksanaan program tersebut.

Dari masing-masing SKPD nantinya akan merumuskan alokasi dana yang ada dan belum mendesak untuk dikeluarkan, dan bisa dimanfaatkan dalam program JPS, dan diharapkan pada Kamis (9/4) rapat bisa dirampungkan.

Untuk teknis pendataan masyarakat yang layak mendapatkan bantuan program JPS, akan dilakukan pendataan ulang oleh masing-masing SKPD, namun data tersebut akan di periksa kembali dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Dinas Sosial HSS.

"Pemeriksaan dengan membandingkan data ini dilakukan, untuk mengetahui apakah warga yang didata tersebut sudah atau belum menerima bantuan, baik dari program daerah maupun pusat, kalau sudah yang tidak perlu dibantu lagi," katanya.

Baca juga: RSUD Kandangan terima bantuan APD dari Anggota DPR RI - PKS

Menurut dia, saat ini untuk penerima bantuan program Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) berjumlah 6.054 Kepala Keluarga (KK), penyaluran sudah dilakukan pada 9 Maret 2020 lalu, dan untuk bulan April 2020 ini akan kembali disalurkan di minggu ketiga atau keempat, dengan bantuan beras 10 kilo per KK.

Sementara untuk program pusat, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ada 14.463 KK yang menerima di Kabupaten HSS, telah juga penyaluran di bulan maret dengan penambahan nominal bantuan per KK, dari nominal Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu per KK.

Ditambahkan dia, penambahan nilai bantuan ini juga merupakan kebijakan pusat  mengingat adanya dampak virus Corona, dan warga yang menerima BPNT tersebut menerima bantuan dengan berbelanja kebutuhan pokok sembako di e-Warung terdekat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020