Pemerintah Kabupaten Balangan, mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test dari Provinsi Kalimantan Selatan, guna mencegah mewabahnya Pandemi Global COVID-19, di wilayah Bumi Sanggam julukan kabupaten setempat.

Melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif disampaikan bahwa, untuk penggunaan Rapid Test, lebih diprioritaskan bagi warga yang mendapat gejala ke arah indikasi terkena Covid-19.

"Tentunya kita berharap Rapid Test ini jangan sampai banyak terpakai, atau bahkan tidak terpakai sama sekali, yang mana artinya jangan sampai ada yang terindikasi mengarah terkena COVID-19 tersebut. Namun jikapun ada, maka kita sudah memiliki alatnya," tuturnya.

Erwan berharap, dengan adanya Rapid Test ini bisa membantu tim gugus tugas dalam upaya lebih cepat menangani serta mengurangi penyebaran COVID-19 di wilayah Balangan.

"Harapan kita yaitu bisa lebih dini mengetahui ada tidaknya COVID-19 di daerah kita, dan lebih bisa mengantisipasi agar tidak menyebar," imbuhnya.

Dalam hal upaya penanganan penyebaran Pandemi Global COVID-19 ini, Kabupaten Balangan telah menganggarkan dana Rp10 miliar, selain itu juga mendapatkan fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sebanyak 30 set, baju APD 40 lembar, dan 40 Rapid Test dari bantuan Provinsi Kalimantan Selatan, yang sudah dibagikan ke Rumah Sakit serta Puskesmas.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020