Hampir dua pekan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 Kodim 1002/Barabai digelar. Sasaran TMMD pun dikerjakan sesuai dengan agenda pekerjaan masing masing bidang atau kelompok.

Merebaknya Covid-19 di Kalimantam Selatan membuat anggota Kesehatan satgas TMMD melakukan upaya pencehagan dan penyebaran virus tersebut.

Baca juga: Semangat kerja Satgas TMMD tak terpengaruh isu corona

Salah satunya yang dilakukan anggota kesehatan Satgas TMMD ke-107 tahun 2020 Kodim 1002/Barabai adalah dengan membagikan masker kepada warga masyarakat di lokasi TMMD, Sabtu (28/3).

Anggota kesehatan, Serka Abdussalim dibantu anggota lainnya membagikan masker kerumah-rumah warga, sekaligus menjelaskan tentang istilah dalam penanganan covid-19, ODP (Orang Dalam Pantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Baca juga: Dandim Barabai Ajak jurnalis ikut lomba karya tulis TMMD ke-107

Lebih lanjut Serka Abdussalim menjelaskan, bahwa ODP (Orang Dalam Pemantauan) bukan berarti orang tersebut dikucilkan, akan tetapi orang tersebut dipantau karena setelah datang dari daerah luar yang pendemik Covid-19.

"Untuk itu diharapakan, warga jangan panik dan tetap menjaga pola hidup sehat, tidak keluar daerah apabila betul-betul tidak penting dan ntuk sementara  hindari kumpul-kumpul dengan orang lain dalam jumlah banyak," katanya.

Disamping itu, jaga jarak aman dengan orang lain minimal satu meter, apabila batuk dan bersin harus ditutup, untuk menghindari penularan dan penyebaran.

Baca juga: Tentara bangun jalan penghubung antardaerah terpencil di HST
Baca juga: TMMD di HST, bangun jalan sepanjang 1985 meter penghubung dua kecamatan
Baca juga: Dukung TMMD ke-107, Pemkab HSS siapkan anggaran Rp1 miliar

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020