Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) membangun jalan yang menghubungkan antarkecamatan di kabupaten tersebut sebagai upaya meningkatkan kelancaran akses transportasi masyarakat daerah terpencil.

Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak Baharuddin saat meninjau lokasi pembangunan Senin mengatakan, jalan sepanjang 1,9 kilometer dan lebar 4,5 meter tersebut menghubungkan Desa Sungai Jaranih Kecamatan Labuan Amas Selatan dengan Desa Haruyan Seberang Kecamatan Haruyan.

Ishak yang meninjau lokasi bersama WASEV TMMD Kolonel Infanteri Joao X Nunes selaku Staf Ahli Pangdam VI/MLW Bidang Ideologi dan Politik mengatakan, kegiatan TMMD berlangsung dari 16 Maret sampai dengan 14 April 2020.

"Pada kegiatan ini, berbagai kegiatan fisik dan nonfisik bakal dilaksanakan dengan melibatkan sekitar 150 anggota baik TNI Polri, Pemda maupun masyarakat," katanya.

Adapun anggaran pelaksanaan TMMD ini, tambah Dandim, untuk kegiatan pengerasan jalan senilai Rp1 miliar dan untuk rehab mushalla serta rumah senilai Rp85 juta.

"Selain itu, kami juga melakukan rehab rumah tidak layak huni sebanyak satu unit milik Abdus Salam serta rehab mushalla Darul Faizin," katanya.

Tujuan kegiatan ini adalah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat HST guna memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk diberdayagunakan bagi kepentingan pertahanan negara aspek darat.
Baca juga: TMMD di HST, bangun jalan sepanjang 1985 meter penghubung dua kecamatan
Baca juga: Dandim Kandangan ajak wartawan ikuti lomba karya jurnalistik TMMD
Baca juga: Persiapan TMMD ke-107 di Kabupaten HST
Sekda Pemkab HST H Akhmad Tamzil mengatakan, peran TNI dalam membangun desa sangat besar untuk percepatan pembangunan daerah.

Dia berharap, masyarakat dapat menjaga dan merawat sebaik mungkin hasil pembangunan tersebut agar warga lebih maju dan sejahtera.

Menurutnya, TMMD merupakan suatu kegiatan yang positif dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat.

"TMMD berperan dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Tim WASEV TMMD Kolonel Inf Joao X Nunes yang merupakan Staf Ahli Pangdam VI/MLW Bidang Ideologi dan Politik mengatakan, TNI akan selalu hadir untuk rakyat, semoga hasil pembangunan TMMD ini dapat dimanfaatkan, dirawat dan dipelihara oleh masyarakat.

"Kami harap juga pembangunan ini ditingkatkan dan didukung nantinya oleh Pemkab, maupun melalui dana desa agar senantiasa terus menerus bermanfaat bagi rakyat," tuntasnya.

Pewarta: M Taufik Rakhman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020