Salah satu kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) adalah membuat jalan sepanjang 1,985 meter dan lebar 4,5 meter yang menghubungkan Desa Sungai Jaranih Kecamatan Labuan Amas Selatan dengan Desa Haruyan Seberang Kecamatan Haruyan.

"Selain itu, kami juga melakukan rehab rumah tidak layak huni sebanyak satu buah milik Abdus Salam serta rehab mushalla Darul Faizin," kata Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Muh Ishak Baharuddin saat peninjauan ke lokasi bersama WASEV TMMD Kolonel Infanteri Joao X Nunes selaku Staf Ahli Pangdam VI/MLW Bidang Ideologi dan Politik, Senin (16/3).

Menurutnya, kegiatan TMMD sendiri berlangsung dari tanggal 16 Maret sampai dengan 14 April 2020 dengan berbagai kegiatan fisik dan nonfisik yang melibatkan sekitar 150 anggota baik TNI Polri, Pemda maupun masyarakat.

"Sedangkan anggaran TMMD ini untuk kegiatan pengerasan jalan senilai Rp1 miliar dan untuk rehab mushalla serta rumah senilai Rp85 juta," kata Dandim.

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini adalah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat HST guna memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk diberdayagunakan bagi kepentingan pertahanan negara aspek darat.

Bupati HST H A Chairansyah yang diwakili Sekda H Akhmad Tamzil mengucapkan terimakasih atas peran TNI dalam membangun desa dan berharap agar masyarakat dapat menjaga dan merawat sebaik mungkin hasil pembangunan tersebut agar warga lebih maju dan sejahtera.

Menurutnya, TMMD merupakan suatu kegiatan yang positif dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat yang selama ini terus digalakkan, dimana program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah.

"TMMD berperan dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Tim WASEV TMMD Kolonel Inf Joao X Nunes yang merupakan Staf Ahli Pangdam VI/MLW Bidang Ideologi dan Politik mengatakan, TNI akan selalu hadir untuk rakyat, semoga hasil pembangunan TMMD ini dapat dimanfaatkan, dirawat dan dipelihara oleh masyarkat.

"Kami harap juga pembangunan ini ditingkatkan dan didukung nantinya oleh Pemkab, maupun melalui dana desa agar senantiasa terus menerus bermanfaat bagi rakyat," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020