Demi upaya menjaga dan mencegah penyebaran Pandemi Global COVID 19 kepada masyarakat Bumi Sanggam, julukan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, pemerintah kabupaten setempat melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang kerap didatangi warga.

Dibawah kendali Tim Gugus Tugas Pengendalilan COVID-19 dan Polres Balangan bersama TNI Kodim 1001/Amt-Balangan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, penyemprotan dilaksakan Kamis, (26/3) sejak pukul 09.00 Wita.

Kegiatan diawali dengan apel personel dan gelar peralatan di Posko Bersama Gugus Tugas covid-19 di Kantor BPBD Kabupaten Balangan. Penyemprotan ini disaksikan langsung oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin dan target lokasi penyemprotan diarahkan oleh Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid SIK .

Gabungan Gugus Tugas Covid-19 penyemprotan desinfektan serentak se Kabupaten Balangan, bertempat di lokasi umum seperti layanan kesehatan, perkantoran dan fasilitas umum lainnya.

Dalam arahanya, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, menyampaikan penyemprotan ini adalah upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona di wilayah Balangan.

"Upaya ini kita lakukan untuk menghilangkan rasa was-was kita terhadap penyebaran virus Covid-19 ini. Tapi jangan sampai berlebihan dan lebih kepada kehati-hatian," imbaunya.

Kepada petugas Gugus Tugas yang melakukan penyemprotan, Kapolres menargetkan dilokasi fasilitas umum, perkantoran, serta pelayanan kesehatan rumah sakit dan puskesmas.

Sementara itu, Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Nurdian Wahyudi, menyampaikan jumlah personil dan relawan yang ditugaskan untuk melaksanakan penyemprotan serentak ini sekitar 150 personil dengan 35 peralatan mesin semprot.

"Para personil dan relawan berasal dari TRC BPBD, TNI ,Polri, Satpol PP, PMI, Tagana, KNPI yang diarahkan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19," ujar Nurdian.

Disampaikan Nurdian, pihaknya menargetkan melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa titik, seperti rumah ibadah, kantor, sekolah dan fasiltas umum di seputaran Balangan.

"Penyemprotan disinfektan ini diharapkan bisa maksimal menanggulangi sebaran Covid-19. Yang tidak kalah penting, adalah kesadaran bersama warga masyarakat untuk turut membantu pemerintah melawan virus Corona," imbuhnya.

Dalam pantauan di lapangan, kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan dibeberapa titik yakni Kantor Bupati Balangan, RSUD Balangan, Pasar Paringin, lingkungan pasar modern Paringin, Terminal Paringin serta, Taman Sanggam.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020