Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) telah menetapkan status siaga darurat Virus Corona atau Covid 19, penetapan ini disampaikan Bupati HSS H Achmad Fikry dalam rapat koordinasi, di Aula Rakat Mufakat, Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

Ia mengatakan, status kita masih siaga darurat, sehingga proses belajar di sekolah masih tetap berjalan seperti biasa atau tidak diliburkan, juga mengarahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk terus memantau.

“Di sekolah itu sistem guru kelas maka akan terlihat dan terpantau dari banyak siswa 20 sampai 30 orang anak, kalau diduga anak memang sakit segera direkomendasikan untuk ke puskesmas dan dipulangkan saja," katanya.

Baca juga: Berhasil tingkatkan derajat kesehatan, Wabup HSS didaulat narasumber Rakerkesda Kalsel

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, langkah-langkah yang diambil sekolah adalah memperpendek jam istirahat di sekolah agar bercengkrama terlalu lama, begitu juga  jadwal belajar juga dipercepat  agar bisa pulang ke rumah lebih awal.

Pemkab HSS sepakat membentuk satuan gugus yang diketuai Sekda Kabupaten HSS HM Noor dan melibatkan semua komponen, setelah ini satuan gugus akan rapat untuk memgambil langkah langkah ke depan.

Penetapan status siaga darurat dimulai dari Selasa (7/3) dan berlakunya hingga sampai setengah bulan mendatang, setelah itu langkahnya apa tergantung hasil penilaian atau evaluasi yang dilakukan satuan gugus. 

“Prinsipnya adalah konsep pencegahan, jadi sangat penting seandainya memang ada juga yang patut penanganan yang tadi sudah disampaikan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjen H Hasan Basry sudah siap,” katanya.

Baca juga: Hadapi Isu Corona, Bupati HSS imbau masyarakat jangan panik

Penetapan ini juga tidak lepas dari terbitnya keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo Nomor  7 Tahun 2020, tentang gugus tugas percepatan pencegahan penularan Virus Corona (Covid-19) Pemkab HSS.

Rapat dilaksanakan tidak hanya untuk menindak lanjuti dengan persiapan penyusunan struktur gugus tugas, namun untuk mendengar masukan dan informasi terkait dengan penanggulangan virus Corona (Covid-19) yang lagi menjadi permasalahan nasional hingga dunia dari pihak-pihak dan OPD yang terkait.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Wakapolres HSS Kompol Arif Himawan beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, para asisten, staf ahli, kepala OPD dan camat se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020