Bentuk rasa sayang dan peduli serta konsisten terhadap program peduli Lanjut Usian (Lansia) melalui lansia asuh, Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad melakukan kunjungan terhadap lansia asuhnya, Kakek Aji yang tinggal di Desa Pahampangan, Kecamatan Padang Batung.

Ia mengatakan, bersyukur bisa kembali menjenguk Kakek Aji dan melihat kondisi Kakek Aji masih sehat seperti yang dulu, dan dirinya terus menjalin komunikasi untuk memastikan keadaan lansia tersebut selalu dalam kondisi baik, sehat atau tidak sakit.

Baca juga: 12 ribu KK terima beras sejahtera tahap I

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS telah memberikan beberapa bantuan untuk lansia Kakek Aji, berupa Jaminan Hidup (Jadup) sebesar Rp225 ribu perbulan, bantuan Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) serta bantuan Rumah Sejahtera," katanya, yang akrab disapa Ka Choe, Selasa (10/3).

Kakek Aji tinggal di rumah sendirian, lokasi berada di tengah kebun karet, wabup menyapa dan mengajak berbincang Kakek Aji sambil bersenda gurau, serta mengingatkan agar Kakek Aji jangan sampai meninggalkan kewajiban terhadap Allah SWT dengan mendirikan shalat lima waktu.

Tidak lupa, Wabup HSS yang datang didampingi Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah, Camat Padang Batung Heri Utomo, dan Kepala Desa Pahampangan memberikan bantuan dan bingkisan sambil berjanji akan datang kembali menjenguk Kakek Aji di kesempatan mendatang.

Baca juga: 150 pejabat Pemkab HSS akan ikuti program asuh lansia

Program Lansia Asuh sendiri dicanangkan Bupati HSS H Achmad Fikry, dan masing-masing pejabat di lingkungan Pemkab HSS saat ini memiliki lansia asuh, program ini didasari walaupun secara kebutuhan dasar lansia terpenuhi melalui bantuan pemerintah, tetapi masih ada yang belum bisa didapatkan yakni kasih sayang dari keluarga.

Diharapkan adanya program ini, maka diusia senja para lansia pun bisa menikmati suasana yang bahagia, dan para lansia tentunya sangat membutuhkan tempat menyampaikan sesuatu sehingga memberikan kesan positif di hati mereka.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020