Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyiapkan satu ruang isolasi untuk penanganan pasien terinfeksi COVID -19 atau virus corona dengan fasilitas dan tim medis yang lengkap.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Suciati didampingi Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dr Muhammad Isa SpP di Banjarmasin Selasa mengatakan, saat ini telah terdapat satu gedung yang dimanfaatkan sebagai ruang isolasi untuk menangani berbagai penyakit menular.

Salah satu ruangan di dalam gedung tersebut, tambah dia, bakal dimanfaatkan untuk ruang isolasi bila ada pasien yang terindikasi virus corona.

"Gedung tersebut memang untuk menangani berbagai jenis penyakit, tetapi dengan ruanga yang berbeda-besa. Khusus untuk ruang isolasi penananganan corona, lebih spisifik dibanding ruangan lainnya," katanya.

Misalnya tambah dia, pintunya berlapis-lapis, sehingga tidak mudah ada orang yang masuk di luar yang berwenang.

 
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)
Begitu juga AC, juga ac khusus yang dirancang untuk ruangan yang sebelumnya juga pernah untuk menangani kasus terduga flu burung maupun flu babi dan beberapa penyakit menular lainnya.

"Sebelumnya, ruangan tersebut juga dimanfaatkan untuk menangani beberapa kasus yang diduga sebagai penderita flu burung, flu babi dan lainnya, tetapi semuanya hasilnya negatif," katanya.

Selain fasilitas dan ruangan yang cukup memadai, tambah Suci yang dikuatkan oleh Isa, pihaknya juga telah menyiapkan tim medis yang cukup lengkap, mulai dari dokter spesialis paru, penyakit dalam, jantung, terminologi, radiologi dan tim medis terkait lainnya.

"Khusus spesialis paru, di RSUD Ulin terdapat lima orang," katanya.

Menurut Suci, RSUD Ulin merupakan satu dari sekitar 100 rumah sakit yang disebut Presiden Joko Widodo sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan penderita corona.

Kenapa Ulin ditunjuk, tambah Suci, karena secara geografis mudah dijangkau, peralatan lengkap dan memadai, serti tim medis dan sumber daya manusia yang dinilai sudah cukup mumpuni.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020