Bupati Banjar Khalilurrahman meresmikan pasar kuliner "Barokah" yang disiapkan bagi pedagang makanan dan minuman melayani pengunjung di kawasan Pasar Bauntung Batuah Martapura. 

Peresmian ditandai pengguntingan pita yang dilakukan Ketua TP PKK Banjar Raudhatul Wardiyah, Kamis disaksikan Komandan Kodim 1006/Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto, Ketua DPRD Banjar M Rofiqi.

"Pasar kuliner Barokah ini merupakan bangunan tahap kedua, menambah bangunan sebelumnya sehingga bisa menampung seluruh pedagang baik makanan maupun minuman yang beroperasi sejak lama," ujar bupati. 

Ditekankan bupati, pembangunan pasar kuliner tahap 1 dan 2 di Jalan Sukaramai yang rampung awal tahun 2020 adalah idenya untuk memberikan kemudahan, kenyamanan sekaligus kebersihan pedagang dan pengunjung. 

Disisi lain, lokasi pasar kuliner yang dibangun letaknya di belakang pasar dan pertokoan permata Cahaya Bumi Selamat Martapura yang merupakan ikon Kota Martapura dan dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. 

"Satu sisi keberadaannya membantu pedagang berjualan lebih nyaman dan bersih disisi lain membuat pengunjung bisa menikmati makanan khas Banjar maupun menu lainnya dengan lokasi yang bersih dan nyaman," ucapnya.

Khusus kepada pedagang, bupati berpesan selain menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan pasar juga menunjukan harga-harga sesuai dengan menu makanan dan minuman sehingga tidak merugikan pengunjung. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan I Gusti Made Suryawati mengatakan, pasar kuliner Barokah tahap 2 dibangun dengan dana APBD Banjar tahun 2019 sebesar Rp2,2 miliar sebanyak 46 buah warung.

Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah mengatakan, pihaknya akan menambahkan fasilitas-fasilitas umum seperti toilet yang refresentatif , air bersih dan menempatkan beberapa orang untuk melayani pengunjung. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020