Kerawanan tindak kejahatan di lingkungan pasar menjadi perhatian Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan yang secara khusus menggelar sosialisasi tentang keamanan dan ketertiban dengan sejumlah pengelola pasar di Banjarmasin.

"Ada beberapa hal kemungkinan yang bisa terjadi di lingkungan pasar. Diantaranya pencurian, penipuan serta pelecehan seksual terhadap kaum wanita," kata PS Kanit 3 Subdit IV Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Intelkam Polda Kalsel AKP Pujie Firmansyah saat memimpin sosialisasi di Pasar Kalindo Banjarmasin.

Dengan meningkatkan kewaspadaan, kata Pujie, dapat mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

Selain kepada pengunjung, ia juga mengimbau kepada seluruh pedagang agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan pasar. Sehingga baik pedagang maupun pembeli yang ingin berbelanja dapat merasa nyaman.

Sosialisasi tersebut tak hanya dihadiri pengelola dan pedagang Pasar Kalindo, namun juga pedagang Pasar Tungging Jalan Belitung Banjarmasin yang berjumlah sekitar 80 orang. 

Salah seorang pengelola Pasar Tungging Abdul Hakim mengaku senang dengan adanya sosialisasi dari Polda Kalsel. 

Menurut dia, pertemuan polisi dengan para pengelola dan pedagang pasar sangat bagus. Bukan hanya menjalin silaturahmi tapi juga sebagai bentuk sinergi dalam menjaga kamtibmas khususnya di lingkungan pasar.

"Alhamdulilah selama ini pedagang diberi arahan agar ikut menjaga keamanan. Jika ada kejadian di pasar bisa segera ditangani dengan cepat melalui koordinasi aparat keamanan, Sehingga masyarakat yang datang mau berbelanja merasa aman dan nyaman," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020