Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggelar sosialisasi dan pembinaan terhadap pelajar di SMK Al Hidyah Kelurahan Batulicin untuk memperkuat dalam memahami idiologi Pancasila.

Kepala Kesbangpol Tanah Bumbu, Darmiadi, di Batulicin, Kamis mengatakan, pembinaan dan sosialisasi harus terus dilakukan terhadap para pelajar untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai luhur budaya bangsa seperti pengorbanan, kesetaraan, kekeluargaan dan gotong-royong.

"ideologi kita bernegara adalah Pancasila yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, oleh sebab itu kami terus mengajak kepada masyarakat dan khusunya bagi para pelajar untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan," kata Darmiadi.

Dia mengungkapkan, yang paling penting yakni para pelajar dapat mengaktualisasikan nilai dan semangat pilar kebangsaan di tengah masyarakat.

Pihaknya menginginkan, bagio para pelajar yang sudah menerima dan mendapatkan pemahaman tentang ideologi Pancasila harus mampu mengajak orang-orang di sekitarnya untuk menyebarkan paham cinta tanah air.

Selain itu juga tidak berlaku diskriminasi sehingga mampu menciptakan hidup damai tanpa memandang perbedaan baik suku, ras dan budaya.

Dalam Kesempata itu Darmiadai juga menyampaikan bahaya penyalahgunaan Narkotika, tentang perkawinan usia dini serta perlindungan kekerasan terhadap anak.

"Ayo kita rubah pola pikir kita baik dalam belajar maupun dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga menjadi generasi muda yang berguna bagi nusa dan bangsa," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020