Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin bersama PT Pos Indonesia kerja sama memberikan pelayanan perizinan kepada masyarakat melalui program pengantaran perizinan gratis hingga ke rumah.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu ( DPMPTSP ) Kota Banjarmasin Muryanta di Banjarmasin Senin mengatakan, melalui kerja sama tersebut diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam mengurus seluruh perizinan di Pemkot Banjarmasin.

"Jadi kini masyarakat yang mengurus izin usaha dan lainnya, tinggal datang satu kali ke kantor DPMTSP untuk menyerahkan berkas sesuai izin yang diurus, setelah selesai surat akan diantarkan oleh petugas PT Pos," katanya.

Selain memudahkan dan sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, program tersebut juga untuk mewujudkan zona integritas birokrasi yang bersih dan melayani.

Baca juga: Dua anak usaha PT Pos-Pertamina makin bersinergi
Baca juga: Dinas Penanaman Modal- PT Pos berikan layanan pengantaran gratis perizinan
Baca juga: KPU Kotabaru gandeng PT Pos Indonesia distribusikan logistik Pemilu
Muryanta mengungkapkan, salah satu upaya mewujudkan birokrasi yang bersih antara lain dengan meminimalisasi pertemuan antara petugas dengan masyarakat yang dilayani.

Melalui pengantaran PT Pos, maka masyarakat tidak bertemu langsung dengan petugas pengurus perizinan, sehingga harapan untuk melayani masyarakat tanpa imbalan apapun bisa diwujudkan.

"Program tersebut, untuk semua jenis pelayanan, mulai Siup, KKTU, TDP dan lainnya. Selain pengantaran izin yang telah selesai juga akan disampaikan lewat email," katanya.

Muryanta mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayananan satu pintu, melalui berbagai program dan teknologi, sebagai upaya mendorong tumbuhnya sektor usaha di daerah.

Setiap harinya, tambah dia, sekitar 125 pengajuan perizianan, kecuali pada waktu tertentu, seperti Puasa Ramadhan, perizinan berkurang menjadi 50-100 orang per hari.

Kepala Kantor Pos Banjarmasin Lilik W Saptono mengatakan, kerja sama penyerahan dokumen kepada masyarakat, merupakan salah satu kontribusi PT Pos untuk masyarakat.

"Kami berharap, kerja sama ini akan berjalan dengan baik dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020