Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Prof Dr Sutarto Hadi menggunakan berita Antara untuk melawan berita hoax.

Ia mengemukakan itu saat "Antara Goes to Campus" yang memilih ULM d/h Unlam sebagai tempat kegiatan dengan topik "nge-vlog ala kantor berita Antara" di Banjarmasin, 7 Februari lalu.

Orang nomor satu di perguruan tinggi negeri (PTN) tertua di Pulau Kalimantan itu mengaku, terkadang dirinya terusik juga dengan berita-berita hoax atau bohong, dan kadang kala pula menguber ujar kebencian.

"Tetapi untuk membandingkan berita-berita dengan dugaan hoax tersebut apakah benar atau tidak, saya membaca berita dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara," ujarnya.

Pasalnya, menurut Rektor ULM, sebuah PTN kebanggaan masyarakat Kalsel itu, selain usia Kantor Berita Antara sudah cukup tua, berita-berita yang keluar buat konsumsi publik juga terseleksi dengan baik dan benar.

"Apalagi Kantor Berita Antara yang sudah mendunia, tentu akan mempertahankan kredibilitas antara lain melalui pemberitaan yang akurat dan mendidik, bukan sekedar pemberi informasi," lanjutnya.

"Oleh karena itu, terima kasih kepada Antara yang telah bekerja sama dengan ULM, semoga ada manfaatnya bagi negeri atau Banua yang kita cintai bersama, dan tidak terkecuali bagi Antara dan ULM sendiri," demikian Sutarto Hadi.

Sebelumnya Direktur Pemberitaan Perum Kantor Berita Indonesia ANTARA Ahmad Munir menyatakan, selain tetap menjaga akurasi pemberitaan, sebagai kantor berita yang sudah mendunia, juga terus berupaya semaksimal mungkin menyebarkan berita dengan cepat ke penjuru dunia.

Selain itu, terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas berita dengan penganekaragaman produk melalui sistem konvergensi, sehingga publik bisa memilih sesuai kesenangan masing-masing, lanjut mantan Kepala Antara Biro Jawa Timur (Jatim) tersebut.

Kantor Berita Indonesia ANTARA berdiri atau lahir 13 Desember 1937 yang sebelumnya bernama LKBN, kemudian sejak 2017 berubah status menjadi Perum, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pemberitaan, demikian Ahmad Munir.
Suasana Antara Goes to Campus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 7 Februari 2020. (Istimewa/Bayu)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020