Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan lumbung pangan masyarakat dan lantai jemur Kelompok Tani (Poktan) Berkah Bersama, Desa Bajayau Lama, Kecamatan Daha Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS H Mawardi, di Bajayau Lama, Selasa (4/2), mengatakan bahwa pembangunan proyek ini dilakukan secara swakelola oleh masyarakat sendiri.

"Pembangunan dilaksanakan anggota Poktan Berkah Bersama yang merupakan anggota dari Gabungan Poktan (Gapoktan) Mawar, selama tiga bulan, dari tanggal 11 Juli sampai dengan 11 Nopember 2019" katanya, dalam laporan.

Baca juga: Masyarakat Kecamatan Kandangan berterima kasih adanya Bazar TTI

Dijelaskan dia, untuk Gapoktan Mawar sendiri memiliki luasan lahan keseluruhan yaitu 320 hektar, sementara untuk pendapatan para petani per orang hasil panennya adalah sekitar 5,5 ton Gabah Kering Giling.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan agar keberadaan lumbung dan lantai jemur ini,agar bisa bermanfaat sepenuhnya bagi masyarakat sekitar, ke depannya memang akan dibangun lebih banyak lantai jemur.

Menurut dia, hal ini pihaknya memahami betapa susahnya warga di sini untuk menjemur hasil panennya sehingga akan terbantu dengan adanya lantai jemur, dan untuk lumbung agar bisa dipergunakan bersama-sama secara bergantian, karena ini adalah milik bersama.

Dan ia mengingatkan warga Bajayau lama jika ada sesuatu yang kurang faham tentang pertanian, bisa bertanya kepada dinas pertanian atau ke Dinas Ketahanan Pangan HSS..

Baca juga: Jaringan irigasi Gumbil, Telaga Langsat aliri 550 hektare sawah

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan langsung Bupati HSS disaksikan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dirangkai sesi tanya jawab dengan warga masyarakat serta makan siang bersama.

Sebelumnya, untuk menuju lokasi peresmian Desa Bajayau Lama, yang merupakan desa paling ujung dari wilayah HSS yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tapin, Bupati HSS beserta rombongan berangkat melalui jalur transportasi air menggunakan kelotok.

Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut dengan alunan sholawat, warga Bajayau Lama sangat antusias untuk berjabat tangan langsung dengan orang nomor satu di Bumi Antaludin ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020