Pemerintah Kota Banjarbaru siap menyukseskan penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) yang salah satu agendanya dilaksanakan di Banjarbaru dan dijadwalkan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

"Kami siap mensukseskan dan sudah meminta aparatur maupun masyarakat bersama-sama turut menyukseskan agenda nasional bagi insan pers tanah air itu," ujarnya pada apel gabungan Pemkot Banjarbaru, Senin.

Apel gabungan yang diikuti ratusan ASN dan pegawai lainnya dihadiri Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan, Sekdako Said Abdullah dan pimpinan SOPD Banjarbaru baik lingkup dinas maupun badan.

Ia mengatakan, media massa atau pers memiliki peran penting dalam era demokrasi dan menjadi salah satu wadah ekspresi rakyat, tempat komunikasi serta pengawasan rakyat dalam kehidupan bangsa dan negara.

Disebutkan, pers memiliki fungsi penting untuk perkembangan suatu negara menuju kehidupan bangsa dan negara yang demokratis. Namun, 
tantangan yang dihadapi insan pers masa kini semakin nyata.

"Pelaku media massa diharapkan terus berinovasi dalam mengimbangi derasnya arus digitalisasi dan pers yang bertanggung jawab merupakan benteng terbaik bagi masyarakat untuk menangkal berita hoaks," katanya.

Ditekankan, negara demokrasi seperti Indonesia, pers menjadi kekuatan keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif sekaligus jadi penjaga kepentingan rakyat, pengawal konstitusi dan arah kehidupan bangsa.

"Tahun ini, Kalsel menjadi tuan rumah HPN ke-74 dengan rangkaian sejak 5 10 Februari. Kami mengucapkan selamat Hari Pers Nasional semoga rekan-rekan pers dan media semakin maju serta terus memberiinformasi aktual dan sesuai fakta," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020