Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin H Norbiansyah mengungkapkan, pihaknya ditarget dapat menciptakan sebanyak 150 wirausahawan baru pada tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Banjarmasi H Ibnu Sina menargetkan setiap tahunnya pemerintah kota minimal dapat menciptakan sebanyak 500 wiusahawan baru, di mana salah satu instansi penggeraknya adalah Disperindag.

"Jadi instansi kita dijatah 150 untuk target dari 500 itu, kita yakin dapat memenuhi," ujar Norbiansyah di Banjarmasin, Kamis.

Sebab, lanjut dia, pada tahun lalu ditarget sebanyak itu pula, pihaknya dapat melampauinya, yakni, sekitar 170 wiusahawan baru.

Penciptaan wirausahawan baru itu dengan langkah pelatihan wirausaha dan pembinaannya yang berkesinambungan.

"Kita ada berikan bantuan barang-barang dan modal juga untuk mereka," paparnya.

Sehingga, lanjut Norbiansyah, para wirausahawan baru akhirnya bisa mandiri, bahkan bisa merekrut karyawan.

Kebanyakan memang, ungkap dia, pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dibidang kerajinan.

"Ada kerajinan kain sasirangan, buat boneka, juga ada kerajinan kayu," ujarnya.

Disperindag, kata dia, juga membantu untuk promosi dan pemasarannya, karena semuanya ini penting untuk dilakukan, sehingga pertumbuhan wirausaha baru di daerah ini terus terjadi.

Kabid Perindustrian Disperindag Kota Banjarmasin M Syaifullah mengungkapkan, dengan adanya program penciptaan wirausahawan baru ini pertumbuhan industri UKM di daerah ini terus naik.

Pasalnya, sejak 2016 hingga 2019, khusus Disperindag saja sudah menciptakan sebanyak 475 wirausahawan baru.

Yakni, pada 2016 sebanyak 25 wiusahawan, tahun 2017 sebanyak 150 wirausahawan, tahum 2018 sebanyak 150 wirausahawan dan 2019 sebanyak 150 wirausahawan.

"Tahun ini kembali ditarget dapat menciptakan sebanyak 150 wirausahawan baru," tuturnya.

Dia mengungkapkan, pemenuhan target menciptakan wirausahawan ini bekerjasama dengan kelurahan-kelurahan se-kota Banjarmasin.

"Jadi lewat kelurahan memberitahukan ke RT-RT, di mana nanti akan didapatkan calon-calonnya, tentunya dengan kreteria yang sesuai untuk semangat menjadi wiusahawan," pungkasnya.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020