Sukses melakukan tour bersepeda (gowes) dari Kota Amuntai menuju Kotamadya Banjarbaru Kalimantan Selatan, sepanjang 95 kilometer pada pekan lalu, Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Ahmad Arif Sofiyan kembali mengajak  komunitas sepeda Polres HSU menjajal rute di wilayah kerja mereka di kecamatan paling ujung berbatasan dengan Kalimantan Tengah, yakni Paminggir

"Selain melatih kekuatan fisik, kita juga secara langsung bisa mengenali wilayah yang kita lewati sambil bertemu masyarakat guna mengetahui kondisi kamtibmas," ujar Arif.

Arif mengatakan, kegiatan ke Paminggir pada Sabtu kemaren sekaligus bersilaturrahmi dan bertatap muka dengan masyarakat Paminggir melalui program inovasi SMS yakni akronim dari kata Sahabat Membawa Solusi.

Jadi sebelum Gowes dilaksanakan pada Minggu pagi, Kapolres HSU bersama PJU Polres dan jajaran terkait melaksanakan kegiatan bertemu dan berdialog dengan warga masyarakat Paminggir Sabtu malam.
 
Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sofiyan membuka kegiatan Program SMS bersama.pemerintah dan masyarakat Paminggir, Sabtu malam. (Antaranews Kalsel/Alam Saktiswara/Eddy Abdillah)

Arif mengatakan, pelaksanaan program SMS biasanya dilaksanakan setiap Rabu di kecamatan lain, namun khusus Kecamatan Paminggir kegiatan SMS dilaksanakan Sabtu malam.

Program SMS, terang Arif, merupakan program  inovasi dimana jajaran Polres HSU dengan difasilitasi polsek melakukan pertemuan dengan warga masyarakat, menyampaikan penyuluhan, sosialisasi, menyerap aspirasi dan menjawab pertanyaan masyarakat.

Hadir pada kegiatan SMS tersebut, Pejabat Utama Polres HSU, Camat Paminggir diwakili Sekcam Ahmad Yani, Danramil 11 Danau Panggang diwakili oleh Bhabinsa Paminggir Serda Sunaryo, para kepala desa dan tokoh alim ulama dan tokoh masyarakat.
Program Sahabat Membawa Solusi (SMS) dilaksanakan secara santai, ngobrol dan ngopi bersama antara jajaran kepolisian dengan warga. (Antaranews Kalsel/Alam Saktiswara/Eddy Abdillah)


Membuka kegiatan SMS, Kapolres meminta masyarakat untuk tidak segan menyampaikan masukan, saran, pendapat bahkan kritik kepada jajaran kepolisian baik di Polsek maupun di Polres HSU.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab sambil ngopi bareng dengan susana santai penuh kekeluargaan, permasalahan yang diutarakan warga cukup beragam mulai dari pelayanan penertiban Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Laporan Kehilangan Barang ( LKB ) yang diharapkan bisa dilaksanakan pelayanan di Paminggir

Warga juga mempertanyakan penanganan terhadap aktivitad penyetruman ikan (ilegal fishing), cara mendaftar menjadi anggota Polri, informasi narkoba dan kiat - kiat agar bisa langsung lulus tes untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Semua pertanyaan dan kritik warga langsung dijawab pejabat Polres HSU yang berkaitan sehingga masyarakat menjadi paham dan mengerti.
 
Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sofiyan memberikan pengarahan sebelum Gowes. (Antaranews Kalsel/Alam Saktiswara/Eddy Abdillah)

Pihak kepolisian juga menghimbau warga agar tidak ragu, segan maupun takut menyampaikan informasi sekecil apa pun terkait masalah gangguan kamtibmas kepada kepolisian, karena tanpa peran serta dan partisipasi warga maka kepolisian akan kesulitan menjaga situasi kamtibmas secara keseluruhan.

Kapolres dan PJU menginap di Paminggir dan besok pagi melakukan kegiatan Gowes dari Paminggir ke Kota Amuntai  dengan rute yang ditempuh lebih dari 95 kilometer karena berputar melewati  perbatasan perkebunan sawit di Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
 
Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sofiyan dengan sepedanya (kiri) bersama anggota komunitas.gowes Polres HSU menyusuri jalan setapak dari Paminggir menuju Kota Amuntai. (Antaranews Kalsel/Alam Saktiswara/Eddy Abdillah)

"Jadi rute yang ditempuh komunitas sepeda Polres HSU yakni melintas perbatasan Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan kemudian menyusuri Jalan Babirik -Desa Muara Tapus hingga finish di Mapolres HSU di Kota Amuntai," kata Arif.

Setiap peserta Gowes menggenakan kaos khusus bertuliskan 'Ekspedisi Taklukan wilayah Paminggir'.Seperti halnya wilayah Kabupaten HSU lainnya, wilayah Kecamatan Paminggir di dominasi perairan rawa, sehingga jalur Gowes ditempuh melewati jalan darat yang kecil dan belum beraspal.

Berangkat pukul 07.30 wita dari kantor Satpolair Paminggir kemudian istirahat di tiga lokasi yakni di Perkebunan Sawit Daha Utara, Istirahat kedua kali sekaligus sholat dan makan siang di Pasar Nagara dan rehat ketiga di Polsek Babirik dan terus finish di Mapolres HSU di Kota Amuntai sekitar pukul 17.00 wita.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020