Sebagai salah satu kawasan terpencil Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Kalsel, belum sepenuhnya menikmati layanan listrik dari PLN.

Karena itu warga masih mengandalkan mesin genset atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Tahun ini Desa Panaan menerima bantuan 30 lampu panel surya dari Yayasan Muslim Asia (Asia Muslim Charity).

"Bantuan lampu panel surya sudah direalisasikan dengan sasaran 30 kepala keluarga," jelas Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos setempat Abdul Muluk, Senin.

Di Desa Panaan sendiri ada sekitar 300 kepala keluarga dan sejak 2014 sudah menggunakan PLTS bantuan dari Kementerian ESDM.

Selain di Desa Panaan, bantuan PLTS dari pusat juga diberikan ke Desa Kalingai, Desa Salikung Kecamatan Muara Uya serta komunitas adat terpencil (KAT) Desa Dambung Raya Kecamatan Bintang Ara.

Sebelumnya Koordinator AMCF Taufan Darmawan mengatakan bantuan lampu panel surya ini untuk menujang perekonomian warga Desa Panaan.

Sesuai tujuan organisasi sosial ini yakni memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan sosial yang ada di dalam masyarakat secara efektif sebanyak mungkin

Selain membantu lampu panel surya AMCF juga membantu program bedah rumah di Kabupaten Tabalong bekerjasama Kementerian Sosial dan Dinsos setempat.

Melalui hari Kesetiakawanan Sosial AMCF sudah 6 kali terlibat program bedah rumah dan operasi katarak.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020