Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry menerima kedatangan tim rombongan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan World Health Organization (WHO), serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Reviewer Kantor Pusat WHO Arshad, di Kandangan, Jum'at (24/1), mengatakan Kabupaten HSS bakal menjadi salah satu daerah untuk melakukan review mengenai program pencegahan dan penanggulangan Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immuno Deficiency Syndrome(AIDS).

"Beberapa bulan ke depan Indonesia akan mengajukan permohonan dana untuk pendanaan global, dengan itu kantor pusat WHO melaksanakan review di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk salah satunya di Kabupaten HSS", kata pria asal Pakistan ini.

Baca juga: Bupati HSS resmikan gedung rawat inap RSUD Daha Sejahtera

Dijelaskan dia, review ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program-program yang sudah dijalankan, dan apa saja yang bisa diperbaiki lagi dalam penanggulangan ataupun pencegahan HIV/AIDS.

Kedatangan pihaknya tersebut dalam rangka bersilaturahmi, sekaligus akan melakukan review tentang program penanggulangan pengendalian HIV/AIDS dan Tubercle Bacillus (TB) atau penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium Tuberculosis yang ada di Kabupaten HSS.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengatakan menyambut baik Kabupaten HSS menjadi salah satu daerah untuk dilakukan review terhadap HIV/AIDS dan TB, disampaikan juga pemerintah daerah selama ini terus berusaha mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS, namun semuanya tidak terlepas dari perilaku masyarakat itu sendiri.

“Di Kabupaten HSS ini orang yang terkena HIV/AIDS, namun masih enggan untuk mengakui dan berobat,” katanya, dalam pertemuan yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab dan Direktur RSUD Brigjend H.Hasan Basry Hj.Rasyidah.

Baca juga: Sekolah di HSS laksanakan gerakan kebersihan berantas sarang nyamuk

Menurut dia, pemerintah bersama kader-kader kesehatan di lapangan terus melakukan pendataan terhadap orang-orang yang terkena HIV/AIDS & TB, serta di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brgjend H.Hasan Basry untuk HIV/AIDS sudah ada disediakan ruangan khusus, begitu pula dengan penyakit TB.

Semua fasilitas-fasilitas untuk mendukung penanganan HIV/AIDS dan TB menjadi perhatian pihaknya, dan kedatangan tim rombongan dari Kementrian Kesehatan RI dan WHO ini akan memberikan masukan dan saran agar dalam mengambil kebijakan untuk perbaikan kedepan nanti, serta memberikan review tentang kondisi HIV/AIDS di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020