Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, Ketua TP PKK HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry beserta Ketua GOW HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad menghadiri syukuran hari jadi ke-69 Kecamatan Daha Utara.

Camat Daha Utara M. Taufiqurrahman, Rabu (15/1), mengatakan rangkaian peringatan hari jadi Kecamatan Daha Utara kali ini dilaksanakan selama tiga hari tiga malam, dengan beragam kegiatan dan lomba.

"Didahului kegiatan Daha Utara Berdzikir, kemudian ada lomba memasak nasi goreng antar kepala desa  dan istri  se Daha Utara, lomba mewarna untuk anak TK dan PAUD," katanya, dalam laporan.

Selain itu, lomba Lagu Banjar untuk masyarakat serta lomba lagu religi antar kepala desa, sementara untuk puncak acara syukuran telah disediakan 5.000 buah aneka kudapan dan 3.000 nasi masak tuha, dengan mengambil tema "Ulama umara samakin rakat, Daha Utara tambah babarkat".

Baca juga: Video-Bupati HSS : Tradisi peringatan hari jadi kecamatan akan terus dilanjutkan

Ia mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  HSS yang telah melaksanakan berbagai pembangunan di Kecamatan Daha Utara, baik untuk fasilitas umum kesehatan, pendidikan, prasarana jalan umum dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan sebagaimana di kecamatan lainnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang selama ini telah berpartisipasi mensukseskan pembangunan, terutama kepada para ulama yang selalu memberikan dorongan dan dukungan.
 
"Ulama dan Umara adalah sebagai sebuah pondasi yang tidak bisa dipisah dalam menggerakkan roda pembangunan, sehingga pengabdian kami di periode kedua ini sangat menitik beratkan peran serta para ulama, sesuai dengan visi dan misi dalam mensejahterakan masyarakat dunia dan akhirat." katanya, dalam sambutan.

Ia mengajak, masyarakat Daha Utara untuk bersyukur bahwa pembangunan yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan baik, jembatan penghubung Pandak Daun dan Pasungkan kini juga sudah diperbaiki, sehingga tidak terlalu curam dan memudahkan jalur transfortasi masyarakat.

Dalam acara ini turut pula diserahkan kenang-kenangan kepada delapan orang mantan camat yang pernah bertugas di Daha Utara, termasuk H. Achmad Fikry yang pernah mengabdi dari Tahun 1989 sampai dengan 1994.

Baca juga: Peringatan hari jadi ke-69 Kecamatan Simpur dengan slogan "Tambahi lagi"

Kemudian penyerahan bantuan dari GNOTA HSS kepada para siswa-siswi sekolah yang diserahkan langsung oleh Ketua GNOTA HSS Hj, Isnaniah Achmad Fikry, juga penghargaan kepada para kepala desa yang tercepat dalam proses pelunasan PBB.

Kecamatan yang ke-8 yang melaksanakan syukuran hari jadi ke-69, setelah masih ada tiga kecamatan lainnya yang akan melaksanakan peringatan hari jadi, yakni Kecamatan Padang Batung, Daha Barat dan Loksado.

Turut hadir, para Kepala OPD, Anggota DPRD HSS Dapil Daha, Ketua MUI Daha Utara, pimpinan BUMN dan BUMD, kader PKK, mantan kepala desa, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020