Menggunakan mobil Jeep 4x4, Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) mendatangi Desa terpencil di wilayah pegunungan meratus guna meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Haruyan Dayak, Selasa (15/1).

Dengan medan yang begitu terjal dan extream, sesekali Bupati dan Wabup terpaksa harus berjalan kaki turun dari mobil yang didampingi para komunitas Murakata Jip Club 4x4 Barabai dan para camat dan jajaran kepala unsur OPD yang menggunakan motor trail.

Baca juga: Ketua TP PKK HST kunjungi desa terpencil

Sesampainya disana, Bupati dan Wabup serta undangan yang hadir disambut dengan tarian-tarian dan menikmati buah durian. Disamping itu Bupati juga menyerahkan bantuan buku-buku dan alat tulis keperluan belajar para siswa SDN 4 Haruyan Dayak.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada tokoh masyarakat bernama Injum bin Sawang atas partisipasinya memperluas akses pendidikan dengan menghibahkan tanah seluas 3.000 M2.

Baca juga: FKUB menetapkan Desa Kundan sebagai Desa Sadar Kerukunan    

Bupati HST, H A Chairansyah dalam sambutannya menyampaikan, kedatangannya bersama jajatan unsur OPD ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap seluruh wilayah HST khususnya yang berada di wilayah perbatasan dan pegunungan Meratus.

"Sebenarnya kita bisa saja melewati jalan HSS dengan medan yang lebih nyaman, namun kita tetap melewati jalan kita sendiri, agar kami dapat merasakan apa yang masyarakat rasakan selama ini," katanya.

Baca juga: Tersangka Nabi palsu di HST dinyatakan alami gangguan jiwa berat

Dia juga memberikan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada seluruh Stakeholder dan orang-orang yang turut membantu, mewaqafkan tanahnya serta berjuang sehingga Sekolah Dasar itu dapat diresmikan dan difungsikan.

"Semua ini adalahwujud nyata dari rasa kepedulian terhadap keberlangsungan anak cucu kita di kaki pegunungan meratus," kata Chairansyah.

Baca juga: Kejari HST musnahkan barang rampasan termasuk ribuan kosmetik ilegal

Dia yakin, dari lembaga pendidikan ini akan lahir generasi yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten HST.

"Kepada guru dan anak didik SDN 4 haruyan Dayak, kami berpesan agar mengajar dan belajar sebaik-baiknya, tunjukan prestasi dan kreatifitas kalian tidak kalah dengan sekolah lain, yakinlah kita juga mampu mewujudkan cita-cita kita dan menjadi orang yang sukses dikemudian hari," katanya.

Baca juga: Di HST anak berkebutuhan khusus mendapat perhatian lebih melalui sekolah inklusi        

Unit Sekolah Baru SDN 4 Haruyan Dayak sendiri merupakan bantuan dari program Kemendikbud dengan nilai sebesar dua miliar lebih yang dikerjakan sejak bulan April hingga Oktober 2019 yang lalu.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Chairiah, yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SD, Hj Jumratil Kiptiah menerangkan, tanah yang dipergunakan ini adalah hibah dari tokoh masyarakat  seluas 3.000 M2, sedangkan perencanaan dan pengawasan pembangunan USB ini dilaksanakan oleh Tim TAKOLA SMA yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud.

Baca juga: Bupati HST: Seluruh OPD harus cepat dalam bekerja

Adapun rincian bangunan USB SDN 4 Haruyan Dayak adalah Ruang kepala sekolah dan meubelair, Ruang guru dan meubelair, Ruang perpustakaan dan meubelair, Ruang serba guna dan meubelair, Ruang UKS dan Gudang masing - masing satu ruang.

Sedangkan Ruang kelas dan meubelair enam ruang , Toilet /WC ( 2 laki - laki, 2 wanita dan 1 desibli) lima ruang, Rumah dinas beserta meubelair satu unit ditambah lagi Lapangan upacara, Lapangan volly/ olahraga dan pagar sekolah dan gapura masing-masing satu buah.

"Tenaga pengajar di SDN 4 Haruyan Dayak ada satu kepala sekolah dan dua orang guru  bersatus PNS dengan jumlah siswa 18 orang kelas satu dan 13 orang kelas dua," tuntasnya.
Peresmian SDN 4 Haruyan Dayak (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020