Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, telah menyiapkan sekitar 100 unit komputer untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan Computer Assisted Test (CAT).

"Semua alat sudah siap dioperasikan, kini tinggal menunggu supervisi dari tim Badan Kepegawaian nasional (BKN), dan kemungkinan pekan depan akan dilakukan supervisi untuk melihat sarana prasarana," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanah Bumbu Dahliansyah melalui Kabid Pengadaan dan Informasi, Muhammad Untung Riaman, di Batulicin, Senin.

Dia menjelaskan, untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan pada Ferbruari 2020, bagi yang lulus akan melanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret-April, dan pengumuman akan dilaksanakan Mei 2020.
Baca juga: Empat formasi CPNS di Tanah Bumbu kosong tanpa pelamar
Baca juga: BKD Tanah Bumbu siapkan 100 unit komputer untuk seleksi penerimaan CPNS
Baca juga: Pemkab Tanah Bumbu segera angkat TKS menjadi tenaga Kontrak

Setelah dinyatakan lulus, maka agenda selanjutnya adalah penetapan nomer induk pegawai (NIP) pada 1 Mei hingga 15 Juni yang diserahkan ke BKN.

Jumlah pelamar CPNS di Tanah Bumbu kini mencapai 2.817 orang, sedangkan yang lulus administrasi hanya mencapai 2.622 orang.

Sedangkan formasi yang tersedia sebanyak 145 formasi.

Rata-rata mereka yang tidak lulus administrai, gugur pada kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai, contohnya formasi yang dibutuhkan adalah lulusan D3 teknik, tapi melamarnya menggunakan ijazah S1.

Selain itu banyak berkas Surat Tanda Registrasi (STR) ijazah yang tidak berlaku sehingga BKD terpaksa tidak meloloskan ke tahap selanjutnya.

"Ironisnya hingga saat ini ada beberapa yang masih kosong atau tidak ada pelamarnya," ujarnya.

Formasi yang masih kosong yakni dokter gigi dua formasi, dokter telinga, hidung dan tenggorokan satu formasi, arsiparis disabilitas satu formasi dan analis pariwisata satu formasi. ***1***

Pewarta: Imam/mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020