Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Muhammad Untung Riaman, di Batulicin Selasa mengungkapkan, ada empat formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) anggaran 2019 kosong tanpa pelamar.

"Hingga penutupan tanggal pendaftaran tidak ada calon pendaftar yang berminat untuk mendaftarkan diri ke BKD," kata Untung.

Dia menjelaskan, formasi CPNS yang masing kosong yakni dokter gigi sebanyak dua orang, formasi dokter Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) satu orang, formasi arsiparis disabilitas satu orang dan analis pariwisata satu orang.

Pihaknya sangat menyayanggakn hingga kini tidak ada pelamar yang berminat untuk mendaftarkan diri ke Tanah Bumbu.

Total pelamar CPNS di Tanah Bumbu mencapai 2817 pelamar dari jumlah formasi yang di terima 145 formasi, dan pelamar yang lulus administrasi atau tahap awal mencapai 2622 orang/pelamar.

Rata-rata bagi mereka yang gugur administrasu yakni kualifikasi pendidikan para pelamar yang tidak sesuai contohnya, formasi yang dibutuhkan adalah D3 teknik tapi melamarnya mengunakan ijasah S1.

Selain itu banyak berkas STR habis masa berlakunya. namun pelamar tidak melakukan perpanjangan STRnya di lembaga yang bersangkutan.

Untung terus menghimbau kepada pera pelamar yang sudah lulus tahap administrasi agar mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya dengan melakukan simulasi Computer Assisted Tes (CAT) agar lebih terampil mengerjakan soal saat pelaksanaan seleksi nanti.

"Dan yang paling penting adalah para pelamar jangan mudah percaya kepada oknum yang mengaku dapatmenjamin meluluskan penerimaan CPNS dengan meminta imbalan uang," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020