Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan, Herman Hermawan menyerahkan penghargaan atas keberhasilan dalam pencapaian level tiga kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) 2019 Kepada Bupati Hulu Sungai Selatan  H Achmad Fikry.

Ia mengatakan, ada dua hal dalam meningkatkan kinerja tata kelola keuangan dan pembangunan bekerja dengan baik, yakni sistem dan tersedianya aparatur yang berkompeten, dan sejak tahun 2019 pemerintah pusat mensyaratkan paling tidak seluruh pengawas harus berada pada level tiga sehingga pengawas harus berkompeten.

“Kabupaten HSS merupakan Kabupaten pertama se-Provinsi Kalsel yang dapat predikat level tiga, karena tata kelola mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan pola kerjanya sudah tetata,”katanya, usai penyerahan penghargaan bertempat di Pendopo Kabupaten, Selasa (7/1).

Baca juga: Penyerahan DPA SKPD tahun 2020 awali rakor bulanan Pemkab HSS

Dijelaskan dia, di Provinsi Kalsel sendiri ada tiga daerah yang sudah mendapatkan APIP level tiga, yaitu Pemprov Kalsel, Kota Banjarmasin dan terakhir Kabupaten HSS, ke depan diharapkan Kabupaten HSS menjadi yang terbaik dari Kabupaten lain.

Upaya ini dilakukan dengan terus melakukan evalusi sistem dan perbaikan aparat yang berkompeten supaya dapat mencapai level empat, dan untuk naik ke level berikutnya harus melalui evaluasi, bahwa penerapan yang telah dilaksanakan betul-betul efektif.

Penghargaan ini didapat atas pencapaian dalam pengawasan APIP oleh Pemerintah Daerah dan menjadikan Kabupaten HSS termasuk kabupaten atau kota berkapabilitas APIP level tiga dari Provinsi Kalsel, merupakan kabupaten satu-satunya di Provinsi Kalsel yang mendapatkan level tiga kapabilitas APIP.

Baca juga: Kecamatan Kalumpang peringati hari jadi ke-39

Bupati HSS Achamd Fikry, mengatakan bahwa penghargaan diberikan merupakan penilaian yang sangat luar biasa dan ke depan Inspektorat HSS akan terus diperkuat.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan terus mendukung Inspektorat sebagai mitra untuk menjaga kualitas pekerjaan fisik dan non fisik, karena pengawasan internal itu sangat penting," katanya.

Setelah Bupati HSS menerima penghargaan tersebut disaksikan Kepala Badan Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Sekretaris Daerah HSS HM Noor, kemudian menyerahkan kembali penghargaan kepada Inspektor Kabupaten HSS Rusmajaya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020